Artikel Bulu Tangkis, Peraturan, Ukuran Lapangan dan Teknik Permainannya

Artikel Bulu Tangkis – Permainan olahraga bulu tangkis adalah jenis olahraga yang sangat populer, selain olahraga sepak bola. Akan tetapi, lain halnya dengan permainan sepak bola, permainan bulu tangkis ini memiliki gerak dominan antara lengan dan juga bagian  kaki.

Gerakan ini juga sudah menjadikan teknik-teknik tertentu didalam memainkan kok dan juga memainkan raket.

Bulu tangkis atau badminton ini merupakan sebuah olahraga atau permainan yang bisa dikatakan perorangan.  Di dalam melakukan olahraga ini, permainannya bisa satu lawan satu atau dua lawan dua.

Bermain bulu tangkis ini dilakukan dengan memakai raket untuk dijadikan alat pemukul dan kok sebagai objek pukul. Untuk lapangan yang digunakan dalam permainan bulu tangkis ini berbentuk persegi empat. Dan dibatasi oleh net untuk memisahkan antara daerah permainan sendiri serta daerah permainan lawan.

Di dalam artikel bulu tangkis ini, para pemain  akan berusaha agar bisa mengumpulkan angka yang mencapai angka 21. Untuk para pemain yang bisa mengumpulkan poin sampai dengan 21 terlebih dahulu, maka dinyatakan menang.

Agar bisa menang dalam permainan, setiap pemain sebaiknya mempunyai beberapa keterampilan dasar permainan bulu tangkis.

Artikel Bulu Tangkis Lapangan

artikel bulu tangkis

Untuk lapangan yang digunakan ada 2 bidang yang bentuknya persegi panjang. Net merupakan pemisah dari ruang pemain yang saling berhadapan.

Pada tiap bidang permainan, ada beberapa garis, antara lain yaitu garis servis depan, garis servis tengah, dan juga garis servis belakang (untuk permainan ganda), serta garis servis samping (untuk permainan tunggal) sisi kiri dan  juga kanan.

Federasi Dunia Badminton sudah menetapkan ukuran standar lapangan badminton internasional adiantaranya sebagai berikut:

  • Panjang lapangan badminton adalah 13,40 m
  • Lebar lapangan badminton 6,10 m
  • Jarak garis servis depan dari garis net 1,98 m
  • Dari garis samping lapangan, jarak garis servis tengah 3,05 m
  • Untuk pemain ganda, jarak garis servis belakang dari garis belakang lapangan 0,76 m
  • Jarak garis samping permainan tunggal dari garis pinggir lapangan 0,46 m
  • Tinggi tiang net 1,55 m
  • Tinggi net 1,52 m

Artikel Teknik Dasar Bulu Tangkis

artikel bulu tangkis

Di dalam melakukan permainan bulu tangkis, terlebih dahulu anda harus mengetahui teknik dasar yang harus diketahui dalam olahraga ini. Diantaranya yaitu;

  1. Teknik Variasi Servis
  2. Teknik Pukulan Net
  3. Pukulan Chop atau Dropshot
  4. Pukulan Lob

Nama Bola Bulu Tangkis

nama bola bulu tangkis

Tidak berbeda dengan olahraga jenis yang lainnya, bulu tangkis atau badminton pun dalam permainannya juga menggunakan bola. Akan tetapi, tidak sama dengan bola lain yang bentuknya bundar.

Untuk jenis bola bulu tangkis ini bentuknya berbeda, sebab tidak bulat seperti halnya bola pada umumnya. Akan tetapi, bentuknya seperti kerucut yang terbuka.  Nama bola bulu tangkis ini sering disebut dengan“shuttlecock”.

Sedangkan, apabila di Indonesia, bola yang digunakan untuk permainan badminton  ini lebih sering dikenal dengan sebutan“kok”.

Seiring dengan berjalannya waktu, kok sudah tidak lagi diciptakan dengan menggunakan bulu ayam, akan tetapi pembuatannya dengan bulu angsa.

Bulu yang digunakan yaitu dengan bulu dari sayap kirinya saja. Dan ini tujuannya untuk menjaga supaya shuttlecock bisa berputar dengan konsisten. Shuttlecock ini juga didesain dengan aerodinamis dan stabil.

Artikel Peraturan Permainan Bulu Tangkis

Peraturan permainan yang diberlakukan di dalam artikel bulu tangkis sebaiknya disesuaikan dengan peraturan IBF. Kebijakan yang ditetapkan  ini tidak hanya berlaku untuk perlengkapan serta peralatan yang dimanfaatkan saja, akan tetapi partai yang berkepentingan pun sebaiknya mengikutinya.

Dan untuk permainan bulu tangkis ini dibedakan menjadi beberapa partai. Partai-partai itu, diantaranya seperti partai tunggal dan juga partai ganda. Partai itu juga berlaku untuk putra serta putri. Akan tetapi, pada partai ganda ini juga ada ganda campuran.

Artikel Bulu Tangkis Pukulan

Terdapat jenis-jenis pukulan di dalam permainan bulu tangkis (badminton). Untuk pukulan yang kuat yang memakai teknik yang tepat bisa menjadikan pukulan itu menjadi pukulan yang mematikan untuk lawan.

Pukulan kecang dari lawan pun juga bisa dibalikan dengan mudah jika memang teknik memukulnya telah dirasa benar serta bisa mengenai bola. Teknik pukulan merupakan cara yang dilakukan untuk memukul ke arah lapangan lawan atau untuk membalikkan bola ke arah lapangan lawan.

Pukulan Service

Pukulan service adalah pukulan yang memiliki maksud di dalam melempar bola ke area lapangan lawan dengan diagonal. Yang mana tujuannya untuk memulai permainan.

Untuk pukulan service bisa dilakukan dengan forehead atau dengan cara backhand. Bisa juga dengan pukulan service panjang, mendatar maupun dengan service cambuk.

Pukulan Lob

Pukulan lob adalah jenis pukulan melambung ke atas, yang mana bisa menghasilkan bola yang menukik dengan tajam ke bawah dari atas ke lantai lapangan lawan. Dalam melakukannya ada 2 teknik yang mudah untuk dilakukan.

Dan overlob bisa anda lakukan dengan pukulan yang dilakukan di bagian atas kepala, yang mana termasuk cara memukul bola melambung tinggi ke belakang.

Sedangkan underhand lob yaitu jenis pukulan yang dilakukan dari bawah. Caranya bisa dilakukan dengan memukul bola yang telah melewati kepala serta di lambungkan tinggi ke arah belakang.

Pukulan Drive

Pukulan drive merupakan jenis pukulan bola yang selanjutnya mendatar serta cepat. Dengan demikian,  lawan pastinya merasa kesulitan di dalam  mengembalikan bola. Pukulan ini pada umumnya selalu diarahkan ke samping kanan maupun ke kiri lawan.

Akan tetapi, pukulan yang demikian ini kerap diterapkan pada waktu permainan ganda.  Pukukan drive bisa dijalankan dengan teknik forehand serta backhand.

Dalam melakukan teknik pukulan drive forehand, untuk sikap awalnya sebaiknya berdiri menghadap ke arah samping kanan. Kemudian, pukulan bola datar yang disertai dengan ayunan tangan dari belakang selanjutnya ke arah depan.

Selanjutnya untuk cara pukulan drive backhand yaitu sikap awal yang sebaiknya berdiri kangkang dengan selebar bahu. Kemudian, pandangan mata sebaiknya ke arah samping kanan dengan badan yang sedikit miring ke arah kanan.

Pukulan Dropshot

Teknik pukulan dropshot bisa dilakukan dengan memukul bola. Caranya yaitu dengan diarahkan pada arah lawan yang harus berada dekat dengan net, untuk jenis pukulan ini bisa dilakukan dari atas kepala maupun dari bawah kepala.

Pukulan Smash

Dan jenis pukulan smash yaitu merupakan pukulan overhead yang sebaiknya diarahkan ke lapangan lawan dengan tajam, cepat dan keras. Pukulan smash ini juga untuk menyerang supaya lawan tidak dapat mengembalikan bola maupun shuttle cock.

Negara Asal Bulu Tangkis

Permainan bulu tangkis ini asalnya dari negara India yang sudah populer dengan nama Poona. Akan tetapi, untuk jenis olahraga ini tidak berkembang di India serta para perwira perang Inggris membawa bulu tangkis ini ke Inggris.

Hingga pada akhirnya permainan bulu tangkis ini sudah banyak dikenal dan dimainkan di berbagai wilayah dunia.

Itulah artikel bulu tangkis seputar peraturan dan teknik permainannya. Semoga dengan artikel ini kita bisa menjunjung tinggi sportifitas dalam berolahraga.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *