Perintah dan Ayat Tentang Haji Yang Tertuang Dalam Al Qur’an

Ayat Tentang Haji – Ibadah haji adalah salah satu rukun Islam, yaitu rukun Islam yang ke lima. Ibadah ini wajib dilaksanakan setiap umat muslim yang sudah memenuhi syarat tertentu. Seperti merdek atau bukan budak, sudah baligh, juga mempunyai kemampuan dalam hal harta, dan juga kesehatan.

Yang dimaksud dengan ibadah haji yaitu berkunjung ke tanah suci Mekah untuk melaksanakan rangkaian ibadah yang sesuai dengan syarat dan juga rukun yang sudah ditentukan dalam syariat Islam. Banyak ayat tentang haji yang tertuang di dalam Al Qur’an.

Pada kesempatan kali ini,kita akan menyampaikan berbagai macam ayat tentang haji yang ada dan tercantum di dalam kitab suci Al Qur’an. Pelaksanaan ibadah haji misalnya, sudah banyak dijelaskan di dalam Al Qur’an dan menerangkan bagaimana tata cara melakukan ibadah haji dengan benar.

Ayat Tentang Haji Mabrur

Ayat Tentang Haji

Haji yang mabrur menjadi dambaan bagi setiap muslim yang melaksanakan ibadah haji. Sebab balasannya adalah surga. Akan tetapi haji mabrur bukan sebuah slogan dan juga titel.

Ada beberapa sifat yang harus dipenuhi untuk menjadikan seseorang disebut sebagai haji mabrur. Di dalam ayat tentang haji mabrur ini telah dijelaskan sebagai berikut.

Sifat haji mabrur adalah haji yang tidak ada sum’ah atau ingin di dengar orang lain, tidak ada riya’ atau ingin dipandang orang lain, juga tidak ada rofats atau kata kata kotor yang ada di dalamnya, tak melakukan perbuatan fasik dan tentunya berangkat haji dengan menggunakan harta yang halal.

Seperti yang tertuang dalam QS. Al Baqarah: 197.

الْحَجُّ أَشْهُرٌ مَعْلُومَاتٌ فَمَنْ فَرَضَ فِيهِنَّ الْحَجَّ فَلَا رَفَثَ وَلَا فُسُوقَ وَلَا جِدَالَ فِي الْحَجِّ

Artinya: “(Musim) haji adalah beberapa bulan yang dimaklumi, barangsiapa yang menetapkan niatnya dalam bulan itu akan mengerjakan haji, maka tidak boleh rafats (berkata kotor), berbuat fasik dan berbantah-bantahan di dalam masa mengerjakan haji.”

Seperti firman Allah yang disebutkan di atas, bahwa berhaji itu harus menjauhkan diri dari dosa, maksiat, bid’ah juga hal lain yang menyimpang dari syariat. Hal seperti tadi bila dilakukan bisa berpengaruh terhadap amalan sholeh. Juga bisa menjadikan amalannya menjadi tidak diterima Allah. Apalagi saat anda melakukan ibadah haji.

Ayat Tentang Haji Bagi Yang Mampu

ayat tentang haji

Melaksanakan haji, memang ibadah ini tidak semua orang muslim bisa melaksanakannya. Sebab untuk melakukan ibadah haji memang perlu biaya yang tidak sedikit. Sehingga rukun Islam yang ke lima ini adalah ibadah haji bagi yang mampu. Mampu dalam hal biaya, kesehatan dan juga harta yang dipersiapkan.

Di bawah ini adalah ayat tentang haji bagi yang mampu. Seperti yang dijelaskan dalam Al Qur’an Surat Ali Imran: 97 yang berbunyi:

فِيهِ ءَايَٰتٌۢ بَيِّنَٰتٌۭ مَّقَامُ إِبْرَٰهِيمَ ۖ وَمَن دَخَلَهُۥ كَانَ ءَامِنًۭا ۗ وَلِلَّهِ عَلَى ٱلنَّاسِ حِجُّ ٱلْبَيْتِ مَنِ ٱسْتَطَا عَ إِلَيْهِ سَبِيلًۭا ۚ وَمَن كَفَرَ فَإِ نَّ ٱللَّهَ غَنِىٌّ عَنِ ٱلْعَٰلَمِينَ

Yang Artinya: “Mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah; Barangsiapa mengingkari (kewajiban haji), maka sesungguhnya Allah Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari semesta alam”.

Ayat Al Quran Tentang Haji Mabrur

Pada hakikatnya, setiap orang yang telah melaksanakan ibadah haji belum semuanya termasuk dalamgolongan haji mabrur. Sebab kemabruran ibadah haji itu hanyalan Allah SWT saja yang mnegetahuinya. Namun tentu saja, kita sebagai umat muslim tak boleh putus asa dan menyerah begitu saja.

Kita harus berusaha supaya ibadah haji yang telah kita lakukan dapat diterima oleh Allah SWT dan dapat menjadi hajiyang mabrur.

Ada banyak sekali pahala dan juga keutamaan haji seperti yang telah tercatat dalam kitab suci Al Qur’an dan juga hadits. Allah SWT telah berfirman dalam Al Qur’an Surat Al- Hajj ayat 27 yang berbunyi:

وَأَذِّنْ فِي النَّـاسِ بِالْحَجِّ يَأْتُوكَ رِجَالًا وَعَلَى كُلِّ ضَامِرٍ يَأْتِينَ مِنْ كُلِّ فَجٍّ عَمِيـقٍ

Artinya: “Dan berserulah kepada manusia untuk mengerjakan haji, niscaya mereka akan datang kepadamu dengan berjalan kaki, dan mengendarai unta yang kurus yang datang dari segenap penjuru yang jauh,”

Balasan haji mabrur itu adalah surga. Salah satu pahala yang sudah Allah SWT janjikan bagi mereka yang ibadah hajinya mabrur yaitu surga. Ibadah haji yang dilakukan seseorang dapat dikatakan sah menurut syara’ namun belum bisa diterima Allah dan tergolong haji yang mabrur.

Sabda Rasulullah SAW: “Hai semua manusia, Allah telah mewajibkan atasmu untuk haji, maka berhajilah kalian. Siapa yang berhaji karena Allah, lalu tidak berkata atau berbuat keji dan fasik, ia akan keluar dari semua dosa-dosanya bagaikan pada saat ia dilahirkan oleh ibunya. Dan, melakukan ibadah umrah hingga umrah tahun depan menjadi penebus dosa yang terjadi di antara kedua umrah itu. Sungguh, haji yang mabrur tidak ada balasannya kecuali surga.” (HR Bukhari dan Muslim).

Ayat Tentang Haji dan Umroh

Di dalam Al Qur’an Juga disampaikan ayat- ayat yang menjelaskan tentang haji dan umroh. Diantaranya adalah:

إِنَّ أَوَّلَ بَيْتٍ وُضِعَ لِلنَّاسِ لَلَّذِي بِبَكَّةَ مُبَارَكًا وَهُدًى لِلْعَالَمِينَ () فِيهِ آَيَاتٌ بَيِّنَاتٌ مَقَامُ إِبْرَاهِيمَ وَمَنْ دَخَلَهُ كَانَ آَمِنًا وَلِلَّهِ عَلَى النَّاسِ حِجُّ الْبَيْتِ مَنِ اسْتَطَاعَ إِلَيْهِ سَبِيلًا وَمَنْ كَفَرَ فَإِنَّ اللَّهَ غَنِيٌّ عَنِ الْعَالَمِينَ

Artinya: Sesungguhnya rumah yang mula-mula dibangun untuk (tempat beribadah) manusia, ialah Baitullah yang di Bakkah (Mekah) yang diberkahi dan menjadi petunjuk bagi semua manusia. Padanya terdapat tanda-tanda yang nyata, (di antaranya) maqam Ibrahim; barangsiapa memasukinya (Baitullah itu) menjadi amanlah dia; mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah; Barangsiapa mengingkari (kewajiban haji), maka sesungguhnya Allah Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari semesta alam. (QS. Ali Imran 96-97)

Ayat Al-QuranTentang Haji Beserta Artinya

Selain ayat mengenai haji dan umroh, juga ayat- ayat lain tentang haji dan juga haji mabrur dalam Al Qur’an. Maka saat ini kami sampaikan ayat tentang haji lengkap dengan artinya untuk anda.

وَأَذِّنْ فِي النَّاسِ بِالْحَجِّ يَأْتُوْكَ رِجَالاً وَعَلَى كُلِّ ضَامِرٍ يَأْتِيْنَ مِنْ كُلِّ فَجِّ عَمِيْقٍ. لِيَشْهَدُوا مَنَافِعَ لَهُمْ وَيَذْكُرُوا اسْمَ اللهِ فِي أَيَّامٍ مَعْلُوْمَاتٍ عَلَى مَا رَزَقَهُمْ مِنْ بَهِيْمَةِ اْلأَنْعَامِ فَكُلُوا مِنْهَا وَأَطْعِمُوا الْبَائِسَ الْفَقِيْرَ. ثُمَّ لْيَقْضُوا تَفَثَهُمْ وَلْيُوْفُوا نُذُوْرَهُمْ وَلْيَطَّوَّفُوا بِالْبَيْتِ الْعَتِيْقِ

“Dan berserulah kepada manusia untuk mengerjakan haji, niscaya mereka akan datang kepadamu dengan berjalan kaki, dan mengendarai unta yang kurus yang datang dari segenap penjuru yang jauh. Supaya mereka menyaksikan berbagai manfaat bagi mereka dan supaya mereka menyebut nama Allah pada hari yang telah ditentukan atas rizki yang Allah telah berikan kepada mereka berupa binatang ternak. Maka makanlah sebahagian daripadanya dan (sebahagian lagi) berikanlah untuk dimakan orang-orang yang sengsara lagi fakir. Kemudian hendaklah mereka menghilangkan kotoran yang ada pada badan mereka dan hendaklah mereka menyempurnakan nadzar-nadzar mereka dan hendaklah mereka melakukan thawaf sekeliling rumah yang tua itu (Baitullah).” (Al-Hajj: 27-29).

Itulah ayat tentang haji yang terdapat di dalam Al Qur’an yang bisa kita jadikan sebagai pedoman dan pembelajaran pentingnya ibadah haji.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *