Cara Mudah Budidaya Kacang Panjang yang Baik dan Benar

Mungkin tidak ada yang tidak mengenal kacang panjang. Sayuran yang sering menjadi salah satu raja sayuran di pasr ini akan selalu anda temui di sepanjang musim. Ini dikarenakan cara budidaya kacang panjang yang relatif mudah dan banyak yang tertarik untuk melakukan nya.

Seperti halnya tanaman yang merambat lainnya, sebelum melakukan proses budidaya ada baiknya anda mempersiapkan tempat untuk perambatan.

Kacang panjang merupakan tanaman merambat yang akan bertahan dengan kelembaban dan panas yang ekstrim. Ini dapat ditanam dalam berbagai kondisi iklim tetapi sangat sensitif terhadap suhu dingin.

Anda bisa melakukan budidaya melalui penyemaian langsung atau transplantasi. Kedua jenis penanaman bibit tersebut sebenarnya baik dan hampir memiliki tingkat persentase keberhasilan yang sama.

Langkah Persiapan Budidaya Kacang Panjang

Kacang tanah akan lebih menyukai tanah yang gembur dan dikeringkan dengan pH 5,5  hingga maksimal 8,8, diperkaya dengan bahan organik, seperti kompos atau kotoran kering. 

Tanamlah bibit dalam jarak 1-2 inci di tanah yang hangat. Perkecambahan akan berlangsung dalam 6 hingga 10 hari. Rendam benih dalam air sebelum disemai, untuk perkecambahan yang lebih baik. 

Pembibitan

bibit kacang panjang

Untuk proses pembibitan, maka berikut langkah-langkah sederhana untuk menghasilkan bibit kacang panjang:

  • Kumpilkan biji yang telah masak dan tanam mereka seperti kacang hijau biasa, sekitar 2 cm dalam dan 10 cm atau lebih jarak penanamam dari satu sama lain dalam baris atau kotak semai
  • Biji akan berkecambah antara 10-15 hari. Kacang panjang lebih suka musim panas yang hangat untuk perkembangan bibit terbaik. 
  • Untuk perawatan tanaman kacang panjang tambahan, pastikan untuk mencangkok hanya sekali dan tutup kembali media tanam selama beberapa minggu pertama dengan penutup baris plastik bening
  • Kacang tanah adalah sayuran yang sangat suka cuaca hangat, jangan kaget jika dibutuhkan beberapa saat bagi mereka untuk benar-benar mulai tumbuh atau melakukan proses berbunga, dibutuhkan dua hingga tiga bulan untuk tanaman berbunga. 
  • Sama seperti varietas kacang panjang lainnya, kacang panjang membutuhkan dukungan, jadi tanamlah di sepanjang pagar atau beri mereka sebuah tralis atau tiang untuk memanjat. 
  • Sebelum melakukan penanaman dan penyemaian bibit, anda harus terlebih dahulu memutuskan wadah utuk penyemaian bibit. Apakah menggunakan tray semai, polybag ataupun pot.
  • Setelah menentukan wadah, maka langsung saja persiapan media tanam, dimana media tanam terbaik adalah campuran pasir, tanah dan kompos. Perbandingannya adalah 1 : 1: 1.
  • Kemudian masukan media tanam ke dalam wadah penanaman untuk menyemaikan bibit dari kacang panjang anda tersebut.
  • Setelah selesai maka tanamlah biji kacang panjang tersebut dengan mesukan kedalam lubang tanam sedalam 1 hingga 2 cm, tutup kembali dengan tanah longgat jangan terlalu dipadatkan.
  • Biasanya hanya butuh 1 hingga 2 minggu dan biji akan mulai berkecambah dan mengalami pertumbuhan pesat apalagi jika daun sejati telah tumbuh dan telah bisa melakukan fotosintesis.
  • Setelah bibit tumbuh dan berkembang hingga tingginya mencapai 5-10 cm, maka bibit ini sudah siap dipindahkan atau ditranspalasi ke media yang lebih baik atau langsung ke tanah perkebunan anda.

Pemindahan Bibit

pemidahan bibit kacang panjang

Transplantasi harus dilakukan sedemikian rupa untuk menghindari gangguan pada sistem akar. Tanaman harus ditempatkan 20 cm per baris dan jarak antar baris harus 30 cm terpisah. 

Berikan penyangga, karena tanaman ini butuh penyokong dan akan merambat. 

Pemupukan ekstra tidak penting selama Anda telah memperkaya tanah sebelum tanam. Tetapi tanaman membutuhkan penyiraman teratur secara berkala.

Perawatan dan Pemupukan

pemupukan bibit kacang panjang

Kacang panjang mungkin membutuhkan bantuan awal dalam perambatan mereka. Anda dapat mebiarkan tanaman ini merambat di sekitar teralis sampai mereka dapat menjaga pertumbuhan mereka sendiri. 

Perawatan harian dalam budidaya kacang panjang adalah:

  • Tanaman kacang panjang harus disiram dengan baik, atau mereka akan berhenti berbunga.
  • Kacang panjang memiliki akar dangkal dan mulsa akan membantu membuatnya tetap utuh dan lembab. 
  • Meskipun kacang panjang dapat memberi makan dirinya sendiri, kacang panjang akan lebih terhambat pertumbuhannya dibandingkan dengan tanaman kacang yang mendapat manfaat dari pemberian makan atau pemupukan menggunakan pupuk kompos. 
  • Kacang panjang tumbuh dengan baik dengan nutrisi yang minimal, dan menerapkan terlalu banyak pupuk dapat benar-benar menyebabkan lebatnya pertumbuhan daun dan meperkecil hasil panena. 
  • Sebagai aturan umum, Anda sebaiknya hanya menggunakan pupuk jika tingkat nutrisi tanah Anda sangat rendah di daerah tertentu. 
  • Jika tanah Anda kekurangan nutrisi, Anda bisa menyuburkan tanaman seminggu sekali dengan menambahkan pupuk. 
  • Jika tanah Anda agak berpasir, Anda mungkin perlu menerapkan pupuk yang kaya nitrogen setelah bibit pertama ditanam dan sekali lagi setelah tanaman mencapai tahap kuncupnya.
  • Kacang panjang lebih menyukai tanah dengan pH antara 6,0 dan 6,5. Jika tanah Anda sangat asam atau basa, Anda mungkin perlu menerapkan pupuk yang diformulasikan untuk menyeimbangkan pH tanah.
  • Gulma dapat menganggu pertumbuhan kacang panjang, membuatnya sulit untuk tumbuh dan berkembang dengan baik. 
  • Siangi gulma segera setelah Anda menemukan mereka untuk memastikan panen kacang panjang yang  maksimal. 
  • Saat membuang gulma, jangan menggali terlalu dalam. Kacang panjang memiliki akar yang dangkal, dan menggali terlalu dalam ke dalam tanah dapat menyebabkan kerusakan pada akar-akar mereka.

Proses Panen

panen kacang panjang

Proses berbunga akan terjadi 5 minggu setelah bibit disemai. Buah akan tumbuh dari bunga yang berhasil diserbukan dalam waktu sekitar 10-12 hari. Kacang panjang dapat tumbuh hingga 70 cm, tetapi lebih baik untuk memetiknya ketika panjangnya mencapai 20 cm.

Saat memetik, potong kacang dengan pisau tajam untuk meminimalkan kerusakan tanaman, sehingga memaksimalkan panen. Biarkan kacang panjang mencapai kematangan penuh, jika kacang panjang tersebut harus disediakan untuk benih. Tunggu hingga kacang panjang terbuka dan bijinya dapat dikumpulkan. Setelah memanen kacang panjang maka anda bisa mengeringkannya dan menyimpan di tempat yang memiliki suhu kamar.

Masalah dan hama

hama kacang panjang

Tanaman ini rentan terhadap kutu daun, tungau, laba-laba, nematoda dan virus mosaik. Kutu daun, terutama kutu kacang hitam tertarik pada buah tanaman ini. 

Lalat kacang adalah hama utama yang menyebabkan bercak kuning kecil pada daun. Mereka dapat diobati dengan menyemprotkan dimethoate. Tungau laba-laba merah menghasilkan penampilan keperakan berbintik-bintik pada daun dan dapat diobati dengan menyemprotkan dicofol.

Peringatan

Jangan tambahkan pupuk saat menyiapkan tanah untuk penanaman bibit kacang panjang  Anda. Tanah kebun biasa biasanya cukup baik, karena tanaman tidak memerlukan banyak nitrogen atau fosfor.

Nah, demikianlah penjabaran tentang cara budidaya kacang panjang yang baik dan benar agar bisa menghasilkan panen berkualitas dan melimpah. Apalagi jika Anda memiliki wilayah pertanian yang luas untuk menfasilitasi budidaya kacang panjang ini dan mendapatkan banyak hasil kacang panjang yang bisa dipanen ulang tersebut.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *