Cara Merawat Bunga Kaktus

Bunga Kaktus

Kaktus adalah salah satu tanaman hias yang sangat banyak diminati. Tak hanya cantik untuk menghiasi pekarangan rumah, kaktus pun juga bisa digunakan untuk melengkapi interior rumah. Kebanyakan kaktus rumahan memiliki ukuran yang cukup kecil dan mungil dengan ukuran pot yang juga kecil. 

Kehadiran kaktus sebagai tanaman hias indoor memiliki sejumlah manfaat, mulai dari mempercantik ruangan hingga membuat penghuni rumah jadi lebih sehat. Karenanya, supaya bunga kaktus bisa bertahan lebih lama, sangat penting untuk memberikan perawatan yang tepat. Permasalahannya cara merawat bunga kaktus di luar dan di dalam ruangan punya beberapa perbedaan. Berikut tips mudah bagaimana cara merawat bunga kaktus. Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

1. Pastikan Bunga Kaktus Mendapatkan Sinar Matahari yang Cukup

Bunga Kaktus Sinar Matahari

Saat merawat bunga kaktus di luar ruangan tentu akan mendapat sinar matahari yang cukup sepanjang hari, tapi lain jika bunga kaktus diletakkan dalam ruangan. Nah, cara merawat bunga kaktus yang diletakan di ruangan ialah memberinya sinar matahari yang cukup. Hal ini supaya bunga kaktus bisa tetap terjaga pertumbuhannya. Namun jangan meletakan bunga kaktus di bawah sinar matahari secara langsung.

Anda bisa meletakkannya di dekat jendela, supaya tidak terkena sinar matahari langsung. Pasalnya, hal tersebut bisa membuat bunga kaktus terbakar. Sebab, bunga kaktus tadi sudah terbiasa dengan lingkungan yang teduh di dalam ruangan sehingga membuat jaringannya terlalu sensitif. Jika di rumah tidak ada jendela, Anda bisa menyiasatinya dengan memberikan sinar dari cahaya lampu.

2. Hindari Menyiram Terlalu Sering

Kaktus merupakan salah satu jenis tanaman gurun pasir, sehingga tanaman ini tak membutuhkan air terlalu banyak. Pasalnya, bunga kaktus mampu menyimpan air di dalam batangnya. Sehingga jika Anda memberikan air secara berlebihan, ini justru sangat berbahaya untuk kelangsungan hidup bunga kaktus tersebut.

Apalagi, bunga kaktus memiliki sistem akar yang sederhana, jumlahnya sedikit, dan juga pendek. Sehingga tanaman ini tak mampu menyerap kelembaban berlebih. Agar bunga kaktus tumbuh dengan baik, Anda cukup menyiraminya antara 2 hingga 3 minggu sekali. Ada baiknya gunakan alat penyiram tanaman yang memiliki sistem air hangat di dalamnya. 

Tahapan penyiraman bunga kaktus ini sebaiknya dilakukan saat pagi hari. Ini karena akar bunga kaktus masih dalam kondisi yang maksimal untuk menyerap kelembaban air yang berintensitas banyak dengan cara memanfaatkan sinar matahari. Pemilihan air hangat sebagai media untuk penyiraman digunakan supaya bunga kaktus tidak merasa kaget.

3. Letakkan Bunga Kaktus di Ruang yang Teduh dan Sejuk 

Bunga Kaktus Teduh

Bukan rahasia lagi jika habitat asli bunga kaktus berada di lingkungan yang tandus dan kering. Jika bunga kaktus diletakkan di ruangan tertutup dan lembab, maka tanaman tersebut tidak akan dapat berkembang dengan maksimal. 

Nah, untuk mengatasinya coba letakkan bunga kaktus tersebut di area yang teduh, sejuk, dengan kelembaban sedang. Misalnya saja dengan meletakan bunga kaktus tersebut di teras depan rumah, dekat jendela, atau bisa juga di green house.

4. Gunakan Media Tanam dengan Komposisi yang Tepat

Media Tanam Kaktus

Tidak cukup hanya dengan memperhatikan sinar matahari maupun penyiraman saja dalam merawat bunga kaktus. Satu hal yang tak boleh diabaikan ialah penggunaan media tanam bunga kaktus yang tepat juga perlu diperhatikan.  Anda bisa memulainya dengan memasukkan kerikil kecil sebagai dasar di dalam pot bunga kaktus. Kerikil tersebut berfungsi mendukung sistem drainase tanaman yang baik. 

Selanjutnya, pada bagian atasnya, masukkan campuran pasir kasar, tanah, serta serbuk arang. Penggunaan serbuk arang dipilih sebagai media tanam bunga kaktus karena memiliki struktur yang terbuka dan berongga. Sehingga bisa membuat bunga kaktus tetap terjaga kesehatannya dengan baik.

Supaya bunga kaktus tumbuh dengan sehat, Anda bisa tambahkan sedikit serbuk kapur dan tepung tulang untuk mencukupi kebutuhan nutrisinya. Pasalnya, tepung tulang mengandung fosfor yang bermanfaat untuk membuat fisik bunga kaktus jadi lebih kuat. Sedangkan serbuk kapur mampu membuat kadar asam yang ada di media tanam berkurang.

5. Pemberian Pupuk Secara Rutin

Meskipun bunga kaktus bisa hidup tanpa pupuk, namun pemberian pupuk tetap perlu dilakukan. Karena sifatnya inilah, cara merawat bunga kaktus cukup efisien dan hemat biaya. Pasalnya, pemupukan bisa dilakukan setahun sekali setiap musim hujan tiba saja.  Ketika memberikan pupuk, perhatikan betul dan jaga kondisi bunga kaktus agar tidak rusak karena kurang hati-hati. Untuk pemilihan pupuk untuk bunga kaktus, Anda bisa memilih pupuk kompos karena lebih sesuai.

Nah, itu tadi beberapa cara merawat bunga kaktus yang perlu dilakukan secara rutin, supaya bunga kaktus tumbuh dengan baik. Mulai dari pemberian sinar matahari yang cukup, pemberian air hingga pemupukan yang tidak berlebihan. Perawatan yang tepat akan membuat bunga kaktus tumbuh dengan maksimal dan tahan lama. Semoga bermanfaat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *