(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({ google_ad_client: "ca-pub-7230939510079058", enable_page_level_ads: true });

Pengertian CPAP Adalah (Continuous Positive Airway Pressure) dan Manfaatnya

CPAP Adalah – Apakah anda mengerti tentang sindroum Sleep Apnea ?  Perlu anda ketahui jika Sleep Apnea merupakan sebuah sindroum yang terjadi pada waktu tertidur.

Yang mana pada saat sedang tidur akan terjadi penyempitan saluran pernapasan tepatnya dinding tenggorokan terlalu rileks dan akan menyempit. Jika untuk orang yang normal, sindrom Sleep Apnea ini tidak begitu berpengaruh, akan tetapi pada penderita sindroum Sleep Apnea , penyempitan ini nantinya bisa menutup saluran udara.

Dan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk pengobatan penyakit ini yaitu dengan menggunakan alat Continuous Positive Airway Pressure (CPAP .

Continuous Positive Airway Pressure / CPAP adalah salah satu dari jenis alat kesehatan yang dimanfaatkan dan digunakan di dalam mengatasi permasalahan kesehatan, diantaranya seperti gangguan pernapasan, terutama untuk sindroum Sleep Apnea ini.

Continuous Positive Airway Pressure / CPAP adalah  suatu pengobatan non-bedah yang juga dinilai paling efektif untuk obstructive sleep apnea.

Selain itu CPAP juga merupakan pengobatan pilihan pertama , bahkan juga termasuk jenis pengobatan paling banyak digunakan untuk orang dewasa. Alat bantu pernafasan ini  akan bekerja dengan memasukan aliran udara yang bertekanan  yang dilewatkan selang ke dalam hidung atau mulut.

Tujuannya supaya gangguan penyempitan saluran napas yang dialami bisa diatasi.  Sebab akan tetap terbuka dengan terdapatnya tekanan yang positif tersebut.

Pengertian CPAP Adalah Pada Bayi

Pengertian CPAP (Continuous Positive Airway Pressure) dan Manfaatnya

Selain digunakan untuk orang dewasa, CPAP  juga bisa digunakan untuk bayi bila bayi sedang mengalami sesak napas berat.

Continuous Positive Airway Pressure (CPAP), bisa digunakan apabila bayi tersebut bisa bernapas sendiri akan tetapi sangat memerlukan bantuan, alat yang digunakan untuk membantu pernafasan ini berupa dua selang yang berukuran kecil yang dimasukkan ke dalam hidung.

Dengan tujuan  supaya udara terdorong bisa masuk ke dalam paru-paru.

CPAP juga bisa digunakan untuk mengobati bayi  yang dalam kondisi prematur, yang mana pada bagian paru-parunya belum sepenuhnya berkembang.

Selanjutnya untuk pengobatan ini, garpu lembut akan ditempatkan dalam lubang hidung bayi prematur tersebut. Mesin Continuous Positive Airway Pressure (CPAP) ini akan dengan lembut meniupkan udara ke dalam hidung bayi tersebut.

Dengan demikian bisa membantu menjadikan organ paru-paru menjadi mengembang, sengan demikian bisa untuk  meningkatkan kelangsungan hidup bayi tersebut.

Pengertian CPAP Neonatus 

cpap adalah

Neonatus yaitu bayi yang usianya masih kurang dari 28 hari. Dan dalam usia tersebut bayi masih sangat rentan mengalami hambatan dalam hal pernafasannya.  Bisa jadi hal tersebut disebabkan oleh faktor infeksi saluran nafas atau lahir dengan kondisi prematur.

Dengan demikian organ pernafasan bayi ytersebut belum matang secara sempurna. Terlebih lagi pada neonatus yang memiliki berat badan lahir rendah sehingga bayi tersebut sangat memerlukan adanya bantuan pernafasan melalui  penggunaan alat untuk suplementasi atau menggunakan terapi oksigen.

Terapi oksigen yang dilakukan pada neonatus ini termasuk suatu terminologi untuk pemakaian oksigen untuk bahan farmakologis yang diberikan pada bayi yang usianya masih kurang dari 28 hari. Yang mana ada hubungannya dengan gangguan pernapasan yang akan dialaminya, dalam jumlah, cara, dan durasi tertentu.

Dan tujuannya yaitu untuk meringankan gejala dasar, meningkatkan kualitas hidup, maupun yang berkaitan dengan prognosis yang bisa menjadikan lebih baik jika terapi tersebut segera diberikan.

Pengertian CPAP Adalah Pada Neonatus

cpap adalah

Respiratory distress pada neonatus merupakan suatu permasalahan yang terbesar yang sudah sering kita jumpai. Respiratory distress  bisa terlihat pada nafas cepat yang ada pada bayi yang baru lahir.

Gajala yang seperti ini berlangsung dari beberapa jam setelah dilahirkan sampai dalam waktu beberapa hari. Diagnosis serta penanganan yang tepat penting sekali dan harus bisa segera untuk diterapkan.

Untuk mempertahankan tekanan positif pada saluran napas neonatus selama pernafasan spontan, alat Continuos Positive Airway Pressure (CPAP) ini juga sangat dibutuhkan. CPAP juga termasuk suatu alat yang sederhana dan juga efektif untuk penanganan respiratory distress pada neonatus.

Pemakaian CPAP yang  tepat telah erbukti  bisa untuk menurunkan kesulitan bernafas. Bisa juga untuk mengurangi ketergantungan seseorang terhadap oksigen. Tak hanya itu saja, penggunaan alat ini membantu memperbaiki dan juga mempertahankan kapasitas residual paru.

Bisa juga untuk pencegahan terhadap obstruksi saluran nafas pada bagian atas, dan juga mecegah kollaps paru, mengurangi apneu, bradikardia, dan episode sianotik. Dengan menggunakan alat ini juga bisa mengurangi kebutuhan untuk dirawat di Ruangan intensif

Bentuk Efek Samping Neonatus

Penggunaan Continuos Positive Airway Pressure (CPAP)  ini tidak menimbulkan efek yang berbahaya bagi pengg untuk yang menggunkannya. Mungkin  ada sebagian orang yang menilai jika pemberian tekanan bisa mengganggu organ paru – paru, bahkan dinilai jika lama kelamaan akan menjadikan organ paru – paru menjadi pecah.

Namun jangan khawatir  dengan kejadian seperti itu, sebab Continuos Positive Airway Pressure (CPAP) ini telah dilengkapi dengan pengatur tekanan yang mempunyai batas tertentu hanya untuk menjaga supaya saluran pernafasannya tetap terbuka.

Maka alat ini tidak memiliki efek samping  yang membahayakan organ paru – paru dari pemakainya.

CPAP dapat Menghilangkan Ngorok

Secara umum fungsi alat CPAP dapat menghilangkan ngorok ini adalah menjaga saluran napas supaya tetap terbuka  pada waktu dalam posisi tidur.

Maka dari itu CPAP bisa menghilangkan ngorok atau dengkuran pada saat sedang tidur. Alat CPAP ini telah didesain dengan sedemikian rupa dan mengutamakan kenyamanan para penggunanya. Alat ini juga berfungsi untuk meningkatkan kualitas tidur seseorang. Bisa juga untuk menanggulangi gejala sleep apnea.

Sudah jelas bukan, CPAP adalah alat kesehatan yang sangat membantu dalam dunia medis. Semoga dengan artikel ini bisa menambah wawasan kita.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *