Doa Pulang Haji Mustajab Yang Bisa Anda Lafalkan Untuk Para Tamu

DOA PULANG HAJI – Sebenarnya adakah tuntunan dari Rasulullah untuk membaca doa pulang haji sebelum akhirnya memasuki rumah setelah pergi berhaji?

Di dalam artikel kali ini kami akan membahasnya secara lengkap. Sebenarnya secara umum, doa saat pulang haji itu sama dengan doa dan adab saat pulang safar.

Adabnya anda harus segera pulang setelah urusan selesai, selanjutnya memberi tahu keluarga, membaca doa saat melihat kampungnya, melaksanakan shalat 2 rakaat saat tiba di masjid terdekat.

Untuk masyarakat yang berada di kampung halaman, maka dianjurkan agar ikut menyambut datangnya jamaah Haji. Ikut merasakan bahagia dengan kebahagiaan mereka. Selain itu juga mendoakan untuk kebaikan bagi mereka.

Doa Pulang Haji Untuk Tamu Yang Datang

doa pulang haji

Sebenarnya tak ada anjuran khusus yang tertuang dalam syariat ketika ada orang yang pulang dari ibadah haji untuk meminta doanya. Yang ada justru adalah mendoakan orang yang pulang dari haji.

فقد روى سعيد بن منصور في سننه عن ابن عمر أنه كان يقول للحاج إذا قدم: تقبل الله سعيك وأعظم أجرك، وأخلف نفقتك.

“Sa’id bin Mansur dalam Sunannya meriwayatkan dari Ibnu Umar bahwa beliau mendoakan apabila ada orang yang datang dari beribadah haji ; “Taqabbalallohu sa’yaka wa a’dzama ajraka wa akhlafa nafaqataka” (Semoga Alloh menerima ibadahmu, memberikan ganjaran yang besar kepadamu, dan mengganti biaya yang telah engkau keluarkan untuk ibadahmu).

Doa Pulang Haji Untuk Tamu

doa pulang haji

Aku berlindung dari godaan setan yang terkutuk.

Dengan nama Allah yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang.

Ya Allah, limpahkanlah sholawat kepada Nabi Muhammad, sampaikanlah kami ke Baitul Haram dan berkunjung ke makam Nabi Muhammad dengan lancar dalam keadaan sehat, selamat dan terkabul yang diinginkan, dan atas keluarga dan sahabatnya semua.

Ya Allah, jadikanlah haji kami haji yang mabrur (penuh kebaikan), perjalanan hidup yang penuh rasa syukur, dosa yang terampuni, usaha yang tidak pernah rugi, amal sholeh yang selalu diterima. Wahai Dzat yang maha tahu isi hati makhluq-Nya, keluarkanlah kami dan kesesatan menuju cahaya petunjuk-Mu yang benar.

Ya Allah, masukkanlah kami dalam segala situasi dan kondisi dengan cara yang Engkau ridai dan dengan cara yang terhormat. Keluarkanlah kami dari mana saja dengan keridaan dan kemuliaan-Mu pula. Berikanlah kekuatan kepada kami, dari karunia-Mu, yang dapat membela kami melawan musuh.

Ya Tuhan kami, anugrahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.

Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka.
Maha Suci Rabbmu, Yang Memiliki Keperkasaan (lzzah), dari apa yang mereka katakan. Keselamatan semoga dilimpahkan kepada para rasul. Dan segala puji bagi Allah, Rabb seru sekalian alam.

Doa Pulang Haji Tulisan Arab

doa pulang haji

Di bawah ini adalah contoh doa singkat yang dapat dibaca oleh haji-haji yang baru pulang tersebut.

أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
أَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ صَلاَةً تُبَلِّغُنَا بِهَا حَجَّ بَيْتِكَ الْحَرَامِ, وَزِيَارَةِ قَبْرِ نَبِيـِّكَ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ, فِيْ لُطْفٍ وَعَافِيَةٍ وَسَلاَمَةٍ وَبُلُوْغِ الْمَرَامِ, وَعَلَى أَلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَبَارِكْ وَسَلَّمَ.
اّللَّهُمَّ اجْعَلْنَا حَجًّا مَبْرُوْرًا وَسَعْيًا مَشْكُوْرًا وَذَنْبًا مَغْفُوْرًا وَعَمَلاً صَالِحًا مَقْبـُولاً وتِحَارَةً لَنْ تَبُوْرَ. يَاعَالِمَ مَافِى الصُّدُوْرِ أَخْرِجْنَا مِنَ الظُّلُمَاتِ إِلَى النُّوْرِ
رَبِّ أَدْخِلْنَا مُدْخَلَ صِدْقٍ وَأَخْرِ جْنَا مُخْرَجَ صِدْقٍ وَاجْعَلْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ سُلْطَانًا نَصِيْرًا
رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَجِنَا وَذُرِّيَاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُوْنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ إِمَاماً رَبَّنَا اَتِنَا فِى الدُّنْياَ حَسَنَةً وَفِى اْلاَخِرةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارَ
سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ اْلعِزَّةِ عَمَا يَصِفُوْنَ وَسَلاَمٌ عَلَى المُرْسَلِيْنَ وَاْلحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. آمِيْن يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ

Doa Pulang Haji Umroh

Untuk doa pulang haji umroh kurang lebih sama seperti yang bisa di baca di atas. Karena sebenarnya tak ada doa khusus yang wajib dibaca saat pulang haji umroh.

Itulah Sedikit ulasan seputar doa pulang haji yang bisa Anda amalkan. Semoga bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *