Jenis jenis Gatal pada Kulit | Bayi | Anak | Penjelasan

Jenis Gatal pada Kulit – Gatal seringkali dirasakan oleh seseorang pada berbagai kondisi. Rasa gatal yang muncul di kulit akan menyebabkan rasa yang tidak nyaman, cemas, dan gangguan tidur. Rasa gatal yang berlebihan juga dapat menyebabkan rasa panas yang sangat menyiksa.

Gatal menimbulkan rasa yang tidak nyaman, sehingga membuat kita mau tidak mau harus menggaruknya. Terhadap rasa gatal yang muncul pada kulit, seringkali kita tidak mencari tahu apa penyebabnya dan menganggapnya sebagai hal sepele yang akan segera hilang.

Namun demikian, dibalik rasa gatal yang muncul pada kulit kita, terdapat beberapa kemungkinan yang dapat menyebabkan munculnya rasa gatal tersebut, mulai dari permasalahan yang sederhana sampai dengan permasalahan kesehatan yang serius.

Penyebab munculnya rasa gatal yang sederhana adalah karena gigitan nyamuk. Bekas dari gigitan nyamuk akan memunculkan rasa gatal yang membuat kita ingin menggarukinya. Sedangkan untuk contoh penyebab munculnya rasa gatal yang serius adalah karena gangguan fungsi hati / liver.

Gangguan pada hati dapat menyebabkan ketidakseimbangan produksi bilirubin darah, sehingga menyebar ke seluruh tubuh dan mnyebabkan kulit berwawarna kekuningan dan timbul rasa gatal yang luar biasa.

1. Penyebab Rasa Gatal Pada Kulit

jenis gatal pada kulit

Rasa gatal yang muncul pada kulit dapat disebabkan oleh berbagai hal sebagai berikut:

A. Kulit Kering

Rasa gatal pada kulit yang tidak disertai dengan adanya perubahan kulit menjadi ruam, paling sering diakibatkan oleh xerosis atau kulit kering. Adapun penyebab kulit kering adalah cuac yang panas atau cuaca yang dingin disertai dengan kelembapan yang rendah, paparan AC jangka panjang, serta mandi terlalu sering.

B. Penyakit Kulit dan Ruam

Gatal yang muncul pada kulit juga dapat disebabkan oleh berbagai macam penyakit akibat adanya infeksi virus, bakteri, atau jamur. Mikroorganisme ini akan menginfeksi sel kulit.

Infeksi akibat mikroorganisme tersebut salah satu gejala awalnya adalah munculnya rasa gatal dan diikuti perubahan pada kulit, seperti lecet, muncul benjolan, kulit memerah dan iritasi.

C. Penyakit Dalam

Salah satu penyebab rasa gatal muncul pada kulit adalah akibat adanya penyakit dalam tubuh seperti halnya hepatitis, gagal ginjal, anemia, kanker dan sebagainya. Penyakit dalam ini dapat menyebabkan timbulnya salah satu gejala awal yaitu rasa gatal pada kulit.

Berbeda dengan gatal pada biasanya, gatal akibat penyakit dalam dirasakan di seluruh permukaan kulit tubuh, tidak hanya pada suatu area tertentu.

Kemudian, biasanya meskipun kulit terasa gatal, namun kulit terlihat seperti kondisi normal tanpa ada gangguan apapun, hanya saja apabila digaruk dengan terlalu keras, maka akan menimbulkan lecet.

D. Gangguan syaraf

Pada gangguan syaraf dalam tubuh kita juga dapat menimbulkan munculnya rasa gatal pada kulit. Gangguan syaraf yang dapat menimbulkan rasa gatal misalnya herpes zoster, syaraf kejepit, dan multiple sclerosis.

E. Iritasi dan Alergi

Iritasi akibat zat tertentu dapat menyebabkan munculnya rasa gatal bahkan sampai luka pada kulit. Alergi terhadap jenis makanan tertentu juga dapat menyebabkan munculnya rasa gatal pada kulit. Alergi terhadap makanan yang dialami oleh seseorang dapat berbeda dengan orang lain, tergantung bagaimana kondisi tubuhnya.

Cara mengetahui penyebab rasa gatal adalah alergi yaitu dengan menilik kembali pada makanan dan minuman yang sebelumnya telah dikonsumsi.

Apabila makanan atau minuman tidak dikonsumsi dan rasa gatal telah menghilang, maka kemungkinan gatal tersebut diakibatkan oleh alergi. Alergi terhadap bahan kosmetik juga dapat menimbulkan munculnya rasa gatal bahkan iritasi pada kulit.

F. Pengaruh Obat

Obat yang mengandung bahan tertentu seperti antibiotik, antijamur dan obat nyeri juga dapat menyebabkan ruam, rasa gatal yang luas, serta iritasi. Ini sering disebut dengan drug erruption.

2. Jenis jenis Gatal pada Kulit Bayi dan Anak

jenis gatal pada kulit

Bayi dan anak juga sering mengalami gatal-gatal pada kulitnya. Tentu saja hal ini dapat mengganggu kenyamanan bayi atau anak, sehingga mereka akan menjadi rewel. Terkadang rasa gatal dapat menyebabkan ruam dan iritasi pada kulit bayi atau anak.

Gatal yang umumnya muncul pada kulit bayi dan anak di antaranya adalah:

  • Jenis Gatal pada Kulit Dermatitis Kontak

Dermatitis kontak sering disebut dengan alergi kulit pada bayi. Gejala yang muncul akibat dermatitis kontak antara lain adalah adanya peradangan pada kulit, ruam berukuran besar, rasa gatal yang begitu hebat disertai rasa panas seperti terbakar.

  • Jenis Gatal pada Kulit Biang Keringat

Biang keringat sangat umum terjadi pada bayi dengan ditandai munculnya bintik-bintik merah yang menyebar di bagian leher, paha, dada, dan bokong. Rasa gatal yang muncul pada kulit bayi ini akhirnya menyebabkan bayi atau anak merasa kurang nyaman, rewel, dan menangis.

  • Jenis Gatal pada Kulit Intertigo

Intertigo adalah peradangan pada kulit bayi yang biasanya terjadi pada lipatan kulit.  Akibat penyakit ini, kulit bayi akan mengalami iritasi disertai dengan rasa gatal yang luar biasa. Umumnya, yang mengalami penyakit ini adalah bayi yang terlalu gemuk, sehingga memiliki banyak lipatan kulit.

  • Jenis Gatal pada Kulit Eksim

Penyakit kulit ini seringkali menyerang bayi di usia 3 – 4 bulan. Gejala yang muncul akibat eksim adalah adanya peradangan kulit dan munculnya gelembung-gelembung kecil pada permukaan kulit.

  • Jenis Gatal pada Kulit Saborrhea

Saborrhea mirip dengan peradangan kulit biasa, namun peradangan yang disebabkan oleh saborrhea ini ditandai dengan kulit yang nampak bersisik seperti ketombe. Radang ini sering menyerang daerah wajah, kulit kepala, belakang telinga dan dada bayi.

3. Jenis jenis Gatal pada Kulit yang Umum

jenis gatal pada kulit

Berbagai jenis gatal yang muncul pada kulit dan sering dialami oleh berbagai kalangan usia  di antaranya adalah eksim, impetigo, melanoma, bisul, kudis, cacar air, campak, panu dan herpes. Berbagai gatal yang muncul pada kulit kita sebaiknya diperiksakan ke dokter agar tidak semakin parah.

Selain itu, rasa gatal yang muncul juga dapat menjadi indikasi adanya penyakit tertentu yang bisa hanya diketahui dengan melakukan pemeriksaan secara mendetail.

Oleh karena itu, apabila penanganan secara pribadi dengan obatt-obatan atau bahan alami tidak segera menunjukkan hasil yang postitif, sebaiknya segera periksakan kepada dokter yang ahli dalam bidangnya.

4. Tips Mencegah Rasa Gatal Menetap

Rasa gatal tidak bisa hanya bisa diatasi dengan menggaruknya saja. Menggaruk rasa gatal pada kulit justru dapat menyebabkan luka bahkan infeksi kulit. Penanganan terhadap rasa gatal yang tepat untuk kulit harus disesuaikan dengan faktor penyebabnya. Berikut beberapa tips untuk mengatasi rasa gatal yang menetap:

  • Jangan menggaruk gatal pada kulit terlalu keras, lebih baik mengusap dibandingkan menggaruk area gatal.
  • Meminimalisir mengonsumsi makanan dan minuman yang mempengaruhi aliran darah, seperti pedas dan kafein, sehingga rasa gatal akan semakin menyebar dan semakin parah.
  • Kompres area gatal dengan air dingin.
  • Gunakan air yang tidak terlalu dingin atau panas ketika mandi.
  • Gunakan pelembap agar kulit dalam keadaan lembap.
  • Selalu kelola emosi agar tidak stres.

Selain cara-cara sederhana di atas, rasa gatal dapat diatasi dengan mengonsumsi obat pereda rasa gatal.

5. Hal yang Perlu Diperhatikan untuk Memudahkan Diagnosa Dokter

Untuk melakukan pemeriksaan ke dokter, sebaiknya kita bisa menyampaikan beberapa hal agar dokter dapat mudah dan mampu secara tepat mendiagnosa penyebab gatal yang kita alami. Berikut beberapa hal yang perlu disampaikan kepada dokter:

  • Waktu munculnya rasa gatal
  • Berbagai gejala yang menyertai rasa gatal
  • Jenis obat-obatan yang sebelumnya pernah dikonsumsi
  • Pola makanan kita
  • Lingkungan keseharian kita
  • Apakah terdapat kontak dengan zat tertentu sebelum gatal muncul

Itulah penjelasan seputar jenis gatal pada kulit, penyebab, diagnosa, dan tipsnya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda, terima kasih.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *