3 Jenis Lantai Lapangan Badminton Populer

Meskipun ada banyak jenis lantai yang digunakan dalam pembuatan lapangan badminton, ada 3 jenis lantai lapangan badminton yang paling populer dan sangat sering digunakan yaitu lantai vinyl, lantai interlock, serta lantai flexi pave. Apa bedanya ketiga jenis lantai untuk lapangan badminton tersebut?

Masing-masing jenis lantai lapangan badminton membawa keunggulannya sendiri, yang tentunya juga akan dipengaruhi oleh merk penyedia lantai lapangan tersebut. Setiap merk menyediakan pilihan lapangan badminton dengan kualitas dan harga yang berbeda-beda.

Jenis Lantai Badminton yang Paling Populer

Masing-masing karpet lapangan badminton mempunyai permukaan yang berbeda. Hal ini pastilah memberikan perbedaan dalam kualitasnya serta performanya dalam mendukung pertandingan badminton yang sedang berlangsung. Cermati perbedaan setiap jenisnya di bawah ini.

Lantai vinyl untuk lapangan badminton

karpet lapangan badminton

Ada berbagai keunggulan yang ditawarkan oleh lantai vinyl untuk lapangan badminton. Tapi sebelum mempelajari keunggulannya, Anda tentu perlu mengetahui berbagai tekstur permukaan yang dimiliki oleh lantai vinyl.

Lantai vinyl untuk lapangan badminton tersedia dalam pilihan tekstur permukaan antara lain:

  • Germ
  • Liche
  • Crystal sand
  • Training crystal sand
  • Coral
  • Training germ
  • Rain drop
  • Y10
  • Little rock
  • Snake skin

Nah, mengenai keunggulan atau kelebihan yang dibawa oleh jenis lantai badminton yang satu ini, ada setidaknya 3 kelebihan yang bisa Anda dapatkan:

1. Mempunyai daya cengkram yang baik

Daya cengkram akan mendukung para pemain badminton sehingga mereka bisa menikmati pertandingan dengan nyaman. Para pemain badminton tidak perlu takut terpeleset dan mendapatkan cedera. Hal ini akan sangat membantu para pemain badminton yang memerlukan permainan dengan kecepatan tinggi.

2. Mampu meredam suara dengan efektif

Suara yang terdengar selama pertandingan badminton bisa diredam dengan baik oleh lantai vinyl di lapangan badminton sehingga para pemain pun tidak akan terganggu konsentrasinya saat sedang berusaha memenangkan pertandingan.

3. Memiliki kemampuan untuk menyerap cahaya

Pertandingan badminton seringkali dilakukan di dalam ruangan atau di malam hari. Cahaya yang ditimbulkan oleh lampu akan membuat para pemain silau dan mengganggu jalannya pertandingan. Tapi dengan lantai vinyl, masalah ini bisa diatasi dengan mudah.

Lantai interlock untuk lapangan badminton

lantai interlock badminton

Sebagai pilihan kedua, lantai interlock juga menawarkan beberapa kelebihan untuk lapangan badminton. Lantai ini dibuat dari bahan poypropylene dan mempunyai tekstur yang kaku tapi sangat multifungsi. Anda bisa menggunakan lantai jenis ini untuk lapangan badminton outdoor maupun indoor.

Struktur interlocking untuk lapangan badminton juga sangat memudahkan Anda dalam proses pemasangan dan pembongkaran. Jenis lantai ini bahkan sangat cocok untuk berbagai jenis lapangan olahraga lain seperti mini soccer, voli, basket, hingga futsal.

Lantai flexi pave untuk lapangan badminton

flexi pave badminton

Tentu saja, lantai flexi pave tidak ingin ketinggalan dalam menawarkan keunggulannya untuk lapangan badminton Anda. Jenis lantai ini bisa dan sangat cocok diterapkan di lapangan badminton outdoor karena kemampuannya yang sangat baik dalam menghadapi perubahaan cuaca.

Selain itu ada beberapa kelebihan lain yang dibawa oleh lantai badminton flexi pave, yaitu:

  • Lantai lapangan badminton flexi pave juga mempunyai permukaan yang tidak licin sehingga para pemain tidak akan terpeleset sewaktu bertanding di atasnya.
  • Permukaan lantainya awet serta tahan lama.
  • Lantai badminton flexi pave juga sanggup menahan paparan dari sinar UV yang dipancarkan oleh matahari.
  • Jenis lantai untuk lapangan badminton ini membutuhkan perawatan yang minim serta tidak mudah mengelupas atau menjadi retak.
  • Harga lantai lapangan badminton yang satu ini juga lebih ekonomis.

Yang manakah dari ke-3 jenis lantai lapangan badminton diatas yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Pemilihan lantai untuk lapangan badminton tidak boleh dilakukan dengan sembarangan karena mampu mempengaruhi kelancaran pertandingan serta keselamatan para pemainnya.

Jika Anda masih belum yakin juga jenis lantai yang mana yang paling cocok untuk lapangan badminton Anda, sangat disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu sebelum memilih lantai lapangan badminton. Raga Sport akan dengan senang hati membantu Anda menemukan jenis lantai terbaik.

Kunjungi situs web Raga Sport di jasapembuatanlapangan.id untuk mendapatkan informasi yang tidak hanya lengkap tapi juga jelas dalam memilih lantai badminton yang paling sesuai.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *