Ciri Kontraktor Kubah Masjid Berkualitas, 6 Hal ini Harus Anda Ketahui!

Membangun sebuah masjid dengan kubah yang kokoh dan berkualitas memang penting dilakukan. Pemilihan jasa kontraktor kubah sangat berpengaruh dalam hal ini. Berbagai pertimbangan perlu Anda ketahui agar kubah masjid yang dipesan benar-benar sesuai. 

Kubah menjadi salah satu bentuk identitas bangunan masjid secara visual. Kubah masjid saat ini banyak divariasikan dengan model dan pilihan warna yang menarik. Tentunya tanpa menghilangkan kesan sakral pada pembangunan tempat beribadah umat Islam tersebut. 

Tipe/Model Kubah Masjid yang Banyak Digunakan

model kubah masjid

Memilih tipe atau model kubah masjid menjadi salah satu pekerjaan inti dari pembangunan masjid. Masing-masing tipe kubah memiliki tingkat kerumitan dan harga kubah masjid yang berbeda-beda. Lalu, apa saja tipe kubah masjid yang banyak digunakan saat ini? Berikut di antaranya:

1. Kubah Bawang

Model kubah ini memiliki tampilan seperti bawang. Jadi, Anda akan mendapati tampilan kubah dengan bagian bawah dan atas yang mengecil. Sedangkan untuk model bagian tengahnya sendiri menggembung. 

2. Kubah Setengah Bola

Salah satu jenis kubah yang sering digunakan di tanah air adalah kubah setengah bola. Kubah sesuai dengan namanya, kubah ini dirancang dengan bentuk setengah lingkaran. Model seperti ini cocok bagi yang ingin memberikan kesan penuh pada bangunan masjid. 

3. Kubah Nabawi

Model kubah ini tidak jauh berbeda dengan kubah bawah. Namun, tentunya terdapat perbedaan di dalamnya. Bagian bawah dan tengah kubah ini ukurannya sama besar. Hal ini berbeda dengan kubah bawang yang cenderung mengecil.

4. Kubah Pinang

Disebut kubah pinang karena modelnya yang berbentuk kubah setengah, namun memanjang ke atas. Tak heran jika tampilan kubah ini lebih tinggi dibanding tipe kubah lainnya. 

Beberapa model atau tipe kubah masjid di atas bisa menjadi referensi bagi Anda yang masih bingung dengan model kubah yang diinginkan. 

Karakteristik Kubah Masjid Berkualitas

KARAKTERISTIK KUBAH MASJID BERKUALITAS

Setelah mengetahui berbagai jenis model kubah masjid, selanjutnya Anda bisa memahami beberapa karakteristik kubah masjid berkualitas. Hal ini penting diketahui, terutama bagi yang ingin segera memasang kubah masjid yang sedang dibangun. Berikut beberapa karakteristiknya: 

1. Didesain dengan Matang

Layaknya bagian konstruksi lainnya, sebuah kubah masjid yang bagus pastinya memiliki desain yang dibuat dengan matang. Desain kubah yang dimaksud adalah mengenai modelnya, warna yang diinginkan pemesan, dan plafon yang dipasang pada kubah. 

Oleh karena itu, pastikan nantinya Anda memilih jasa kontraktor yang bisa mendesain kubah dengan efektif dan bagus. Desain yang detail dan matang bisa menjadikan kubah benar-benar sesuai pesanan.

2. Menggunakan Jasa Kontraktor Terpercaya

Sebuah kubah masjid yang kokoh dan tahan lama pastinya memakai jasa kontraktor berkualitas. Kontraktor yang kredibel akan melaksanakan tahap pembuatan kubah secara matang sesuai pesanan Anda. 

3. Menggunakan Material Pilihan

Kubah masjid yang bagus adalah yang memiliki tampilan kokoh, indah, dan awet. Tentunya, hal ini tak lepas dari penggunaan bahan yang berkualitas. Pada dasarnya terdapat dua jenis bahan yang umum digunakan pada kubah masjid, yaitu galvalum dan enamel. 

Kedua material tersebut dikenal dengan kualitasnya untuk membangun kubah masjid yang tahan lama. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mempertimbangkan jenis bahan ini. Pemilihan bahan juga perlu disesuaikan dengan budget yang dimiliki. 

4. Tahan di Berbagai Kondisi Cuaca

Kubah masjid menjadi bagian eksterior masjid sehingga memerlukan ketahanan yang baik. Kubah masjid yang bagus adalah yang memiliki ketahanan terhadap berbagai kondisi cuaca. 

Material galvalum sendiri bisa menjadi pilihan karena dikenal dengan kekuatannya. Dengan demikian, Anda bisa menjadikan material yang berasal dari baja dan aluminium ini sebagai pilihan. 

Ciri-Ciri Kontraktor Kubah Masjid yang Bagus

kubah masjid

Nah, Anda sudah memahami tipe dan karakteristik kubah masjid yang berkualitas. Mungkin saat ini pertimbangan untuk memilih model masjid juga sudah dilakukan. Pertanyaannya adalah, di mana mencari jasa kontraktor kubah yang berkualitas?

Sebelum mengetahui jawabannya, ada baiknya mengenali beberapa ciri-ciri kontraktor kubah masjid yang bagus berikut ini:

1. Memproduksi Produknya Sendiri

Memilih jasa kontraktor kubah masjid merupakan hal krusial karena akan menentukan kualitas kubah nantinya. Sebaiknya memilih jasa kontraktor yang memproduksi barangnya sendiri, sehingga kualitasnya bisa dikenali dengan menanyakannya secara langsung. 

Bahkan Anda bisa melihat proses produksi kubah masjid secara langsung supaya lebih yakin. Dengan demikian, tidak ada salahnya untuk memilih kontraktor sekaligus produsen secara langsung. 

2. Membuat Desain Kubah dengan Detail

Pembuatan kubah masjid tentunya membutuhkan proses mendesain terlebih dahulu. Anda bisa memilih jasa kontraktor yang bisa membuat desain secara detail dan jelas. Hal ini penting diperhatikan agar konsumen mendapat gambaran mengenai kubah masjid yang dipesan. 

Jasa kontraktor kubah yang berkualitas pastinya menggunakan sistem desain yang efektif menggunakan komputer. Hal ini dilakukan untuk menjaga efektivitas waktu dan ketelitian ukuran dari kubah yang hendak dirancang. 

3. Mengerjakan Proyek Tepat Waktu

Jasa kontraktor yang berkualitas pastinya akan melaksanakan proyek dari klien dengan tepat waktu. Bahkan dari jadwal yang sudah disepakati bisa selesai lebih cepat. Oleh karena itu, pastikan jasa kontraktor kubah yang Anda pilih termasuk kredibel dan bisa dipercaya. 

4. Menggunakan Tenaga Profesional

Merancang sebuah kubah masjid tentu membutuhkan tenaga profesional. Memilih jasa kontraktor yang sudah kompeten memang penting dilakukan, karena berpengaruh terhadap bangunan yang dihasilkan nantinya. 

Pengerjaan oleh pihak profesional akan membuat kubah masjid lebih berkualitas dan tahan lama. Oleh karena itu, selalu pastikan jasa kontraktor yang dipilih sudah kompeten di bidangnya. 

5. Hanya Menggunakan Bahan Berkualitas

Jasa kontraktor yang terpercaya pastinya menggunakan bahan atau material yang berkualitas saja. Hal ini karena pemilihan material menjadi sesuatu yang krusial, karena mempengaruhi ketahanan kubah masjid itu sendiri. 

6. Harga Terjangkau

Pada dasarnya, Anda bisa memilih material kubah masjid dengan galvalum atau enamel. Keduanya memiliki karakteristik tersendiri, namun sama-sama menghasilkan kubah masjid berkualitas. 

Nah, keduanya juga memiliki harga yang berbeda tergantung dari kualitasnya. Namun, pastikan jasa konstruksi yang menyediakannya menawarkan harga yang terjangkau. 

Di Mana Menemukan Jasa Kontraktor Kubah Berkualitas?

Setelah memahami karakteristik ciri-cirinya, mungkin Anda semakin yakin menggunakan jasa kontraktor kubah berkualitas. Bagi yang pemula dan belum pernah memilih jasa kontraktor kubah, mungkin akan sedikit mengalami kesulitan. 

Tidak perlu khawatir, Anda bisa memilih jasa Anugrah Kubah Indonesia sebagai produsen langsung kubah masjid. Jasa yang ditawarkan sudah banyak digunakan di berbagai konstruksi masjid di tanah air. 

Layanan ini akan merencanakan, mendesain, dan memproduksi kubah masjid berkualitas dan dikenal kokoh. Kami mengutamakan kepuasan pelanggan terhadap produk yang dipesan. Tidak hanya itu, pastinya setiap pesanan dikerjakan oleh tim profesional, sehingga mutunya tidak perlu diragukan. 

Apakah harga yang ditawarkan mahal? Tidak perlu khawatir, kami menyediakan harga yang bervariasi dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Bahkan bagi yang memiliki budget terbatas pun bisa memilih kubah masjid berkualitas. 

Dengan memilih jasa kontraktor kubah masjid yang tepat, konstruksi yang dijalankan akan menghasilkan bangunan sesuai pesanan. Pastikan untuk memilih jasa konstruksi yang mengedepankan kualitas dan memiliki tim profesional.

Dengan demikian, kubah masjid yang dipesan pun berkualitas tinggi. Misalnya tahan di berbagai cuaca, kokoh, tahan karat, dan tampilannya menawan.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *