Luas Lapangan Futsal Lengkap dengan Seluk Beluknya

Luas Lapangan Futsal Lengkap –¬†Anda tentu sudah mengetahui bahwa futsal merupakan sejenis olahraga yang permainannya mirip dengan sepakbola.

Akan tetapi belum tentu futsal dapat dikatakan sebagai olahraga yang kurang sama dengan sepakbola namun di sini jelas ada yang perlu anda ketahui. Kondisi luas lapangan futsal yang kecil pastinya memiliki ukuran yang berbeda dengan ukuran lapangan sepak bola yang biasa.

Perbedaan yang mencolok adalah pada ukuran lapangannya. Untuk futsal, ukuran lapangan futsal ini lebih kecil jika dibandingkan dengan lapangan sepakbola. Lapangan futsal ukurannya lebih kecil sekitar tiga kali lipat dari ukuran lapangan sepak bola.

Di bawah ini kita bisa membahas mengenai seberapa besarnya luas lapangan futsal yang sesuai dengan standar nasional dan juga internasional.

Ukuran Luas Lapangan Futsal

luas lapangan futsal

Standar nasionalnya ukuran lapangan futsal adalah:

16x 26 meter= 416 meter. Ukuran ini diambil dari ukuran jaring ke jaringnya, dan untuk ukuran area main, maka dari ukuran itu diambil lagi 50 cm pada ke empat sisinya. Dengan demikian, area main efektif 15 x 25 meter = 375 meter.

Area Penalti

luas lapangan futsalGaris batas lapangan garis

selebar 8 cm, yaitu garis sentuh pada sisi, garis gawang yang ada di ujung-ujung, dan juga garis melintang tengah lapangan.

3 m lingkaran tengah, juga tak ada tembok penghalang atau papan. Wilayah di bagian depan gawang yang ditandai dengan menggunakan garis 1/2 bulat yang disebut dengan wilayah penalti.

Sedangkan untuk area penalti adalah busur berukuran 6 m dari masing-masing tiang gawang. Titik penalti berada di 6 m dari titik tengah garis gawang. Dan untuk titik penalti kedua adalah 10 m dari titik tengah garis gawang.

Ukuran Gawang Futsal

Gawang harus ditempatkan pada bagian tengah garis gawang. Ukuran gawang bola futsal adalah Lebar gawang ialah 3 m diukur dari bagian pada tiang. Sedangkan gawang bola futsal tingginya 2 m diukur dari tiang palang atas gawang ke lantai.

Bentuk dari penampang tiang yang diperbolehkan artinya kotak dan juga lingkaran. Akan tetapi bentuk penampang bulat lebih dianjurkan. Sebab selain cukup lebih aman Jika terjadi benturan juga pantulan bola menggunakan tiang penampang bundar yang lebih membentuk arah yang akurat.

Jaring gawang berbahan nilon, diikatkan ke tiang dan palang. Kedalaman gawang 80 cm di bagian atas gawang, dan 100 cm di bagian bawah.

Dalam permainan futsal, gawangnya berbentuk persegi panjang dengan ukuran panjang 25-42 m dan untuk lebar gawang futsal merupakan 15-25. Ukuran gawang futsal dengan standar nasional memiliki panjang 38-42 m. Dan lebar 18-25 m.

Permukaan Lapangan

Lapangan futsal permukaannya bisa dibagi menjadi dua bagian, yaitu lapangan sintetis dan juga non sintetis. Lapangan sintetis sesungguhnya dipakai untuk indoor soccer lain pula dengan lapangan nonsintetis yang punya banyak jenis.

Bila diurutkan berdasarkan tingkat cidera paling tinggi jenis lapangan non sintetis yaitu semen, parquette, karet, interlock, dan teraflex.

Luas Lapangan Futsal Daerah Tendangan Sudut

Terdapat 4 poin untuk bisa melakukan tendangan pojok. Pada setiap sudut ada seperempat lingkaran yang memiliki radius 25 cm.

Daerah Bebas

Dalam daerah bebas berada di lima meter sekeliling garis tengah lapangan. Pada daerah ini harus bebas pandangan ke bagian lapangan, sebab di sisi luar daerah bebas ini ada meja wasit ketiga dan pencatat waktu. Jarak antara meja wasit ketiga ini paling sedikit dua meter dari garis tepi lapangan.

Luas Lapangan Futsal Daerah Pergantian Pemain

Yang disebut dengan daerah pergantian pemain yaitu lima meter setelah garis bebas. Dalam daerah ini ditandai dengan garis memotong garis samping. Untuk lebar garis ini yaitu 80 cm dengan pembagian 40cm dalam lapangan dan 40 cm di luar lapangan.

Di dalam lapangan futsal, harus terdapat garis yang jelas yang fungsinya sebagai tanda bidang permainan futsal. Semua garis yang ada pada bidang permainan futsal lebarnya 8 cm.

Dua garis yang mempunyai ukuran lebih panjang yang fungsinya sebagai pembagi bidang atau side line disebut garis tersentuh. Bidang dalam futsal terbagi menjadi dua dan dipisahkan garis tengah. Ada titik di tengah garis lapangan. Sebab jelas lingkaran di tengah lapangan mempunyai radius 3 meter.

Luas Lapangan Futsal Vinyl

Disamping menggunakan rumput sintetis, lapangan futsal dapat menggunakan lantai vinyl. Adapun untuk ketebalan vinyl yang dapat digunakan yaitu 5 mm, 6 mm dan 8 mm. Ada berbagai vinyl yang ada di market lokal seperti diimport dari Eropa, korea, China dan lainnya.

Untuk bahan vinyl dari Eropa ini dikenal bagus kualitasnya tapi harganya sangat mahal. Bagi anda yang memiliki budget terbatas dapat menggunakan vinyl dari korea ataupun dari china. Untuk harga vinyl yang diproduksi eropa, harganya dapat mencapai 2 kali lipat dari vinyl china dan vinyl korea

Vinyl korea dapat menjadi pilihan terbaik yang memiliki harga hampir separuh harga dari vinyl eropa, tapi dari segi kualitas, vinyl korea lebih baik dari vinyl china. Luas lapangan futsal vinyl tentunya juga sama. Hanya saja lapangan vinyl lebih licin.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *