5 Manfaat Belimbing Wuluh untuk Wajah dan Kecantikan

MANFAAT BELIMBING WULUH UNTUK Wajah – Belimbing wuluh merupakan salah satu buah yang memiliki berbagai khasiat bagi kesehatan. Belimbing wuluh adalah tanaman tropis, sehingga mampu tumbuh dan berkembang biak dengan baik di kawasan Indonesia.

Berbeda dengan buah belimbing pada umumnya, buah belimbing jenis yang satu ini memiliki rasa yang sangat asam, bahkan dalam kondisi masak sekalipun. Pohon belimbing wuluh tidaklah besar dan tinggi, dengan buah berwarna hijau ketika belum masak dan menguning ketika telah masak.

Ukuran buahnya sebesar dan sepanjang ibu jari tangan. Ketika berbuah, belimbing wuluh akan nampak bergerombol di batang bagian tengah. Dengan ini, buah belimbing wuluh sangat mudah dipetik.

Meskipun rasanya yang sangat asam, buah belimbing wuluh juga memiliki berbagai khasiat untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Belimbing wuluh sudah sering dijadikan sebagai buah obat untuk mencegah atau membantu proses penyembuhan penyakit tertentu.

Selain itu, dibalik khasiatnya dalam kesehatan, belimbing wuluh ternyata juga dapat digunakan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit wajah.

1. Kandungan Senyawa Bermanfaat dalam Belimbing Wuluh

manfaat belimbing wuluh untuk wajah

Di dalam rasanya yang begitu asam, buah belimbing wuluh mengandung berbagai nutrisi yang tentunya akan sangat yang dapat berperan dalam menjaga kesehatan tubuh.

Beberapa di antaranya adalah tingginya kandungan vitamin A, vitamin B1, vitamin C, mineral,fosfor, potasium, kalsium, serat, zat besi, dan karbohidrat. Semua nutrisi ini sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Selain itu, kandungan senyawa lainnya dalam buah belimbing wuluh antara lain adalah flavonoid, glukosid, tanin, saponin, oksalat, sulfur, dan kalium sitrat yang dapat dimanfaatkan untuk merawat dan menjaga kesehatan serta kecantikan kulit.

Tidak heran apabila buah belimbing banyak dimanfaatkan oleh masyarakat, mengingat banyaknya kandungan senyawa bermanfaat dalam buah ini.

2. Manfaat Belimbing Wuluh untuk Wajah dan Kulit

manfaat belimbing wuluh untuk wajah

Belimbing wuluh mengandung antioksidan yang sangat tinggi, sehingga akan membantu melindungi tubuh, kulit dan wajah apabila dikonsumsi. Kandungan antioksidan tersebut akan membantu menangkal radikal bebas serta senyawa toksik yang masuk ke dalam tubuh.

Selain itu, kandungan berbagai jenis vitamin dan mineral dalam buah belimbing juga membantu memenuhi kebutuhan tubuh terhadap nutrisi tersebut, sehingga metabolisme dalam tubuh akan tetap seimbang.

Kandungan mineral, vitamin A dan C yang tinggi dalam belimbing wuluh akan membantu tubuh khususnya kulit dalam meregenerasi sel-sel kulit yang mati, sehingga kulit akan terjaga dan tetap putih, mulus, berseri.

3. Khasiat Belimbing Wuluh bagi Kesehatan

manfaat belimbing wuluh untuk wajah

Belimbing wuluh dapat digunakan untuk mengobati berbagai jenis penyakit yang menyerang manusia, di antaranya adalah sebagai berikut:

A. Batuk

Untuk mengatasi batuk yang menyerang tenggorokan, belimbing wuluh dapat digunakan sebagai obat yakni dengan cara meremas belimbing dengan air garam. Kemudian menyaring air perasan dan meminumnya sebanyak dua kali sehari. Dengan cara ini, batuk akan terasa reda.

B. Diabetes

Penggunaan belimbing wuluh untuk mengatasi diabetes adalah dengan merebus sejumlah 6 buah dengan dua gelas air hingga tersisa setengahnya saja. Air rebusan ini kemudian diminum sebanyak dua kali sehari pada pagi hari dan malam hari. Dengan mengonsumsi air rebusan belimbing wuluh, diabetes dapat dikurangi.

C. Sakit Gigi

Belimbing wuluh juga berkhasiat untuk menyembuhkan sakit gigi, yakni dengan cara menumbuk beberapa buah belimbing, kemudian meletakkannya pada bagian gigi yang sakit. Diamkan beberapa saat hingga rasa nyeri berkurang dan menghilang.

D. Tekanan Darah Tinggi

Belimbing wuluh sudah banyak digunakan oleh masyarakat untuk mengatasi tekanan darah tinggi atau hipertensi. Penggunaan belimbing wuluh untuk mengatasi hipertensi adalah dengan merebus 3 buah belimbing dengan dua gelas air. Rebus buah belimbing hingga tersisa setengahnya, kemudian minum air perasan sekali sehari.

E. Sariawan

Belimbing wuluh juga dipercaya dapat menyembuhkan sariawan. Penggunaannya untuk mengatasi sariawan adalah dengan mengunyah buah belimbing wuluh kemudian meletakkannya pada daerah yang sariawan.

Namun, penggunaan ini akan terasa sedikit pedih, maka apabila tidak kuat, bisa dengan memotong buahnya kemudian mengoleskannya pada bagian yang luka atau sariawan.

4. Manfaat Belimbing Wuluh untuk Wajah Putih

Setiap wanita pasti ingin memiliki kulit wajah yang cantik, putih dan berseri. Salah satu khasiat belimbing wuluh adalah dapat memutihkan wajah. Penggunaan masker dari buah belimbing wuluh juga dapat memberikan berbagai khasiat bagi kesehatan dan kecantikan wajah.

Antioksidan akan menangkal radikal bebas yang menempel di kulit wajah, serta kandungan vitamin A dan vitamin C yang tinggi dalam buah ini akan memberikan nutrisi yang baik bagi kulit.

Dengan adanya antioksidan, vitamin A, dan vitamin C ini, wajah akan terlindungi dan mendapatkan nutrisi yang cukup, sehingga wajah akan nampak awet muda cerah berseri.

Kandungan flavonoid dalam buah ini juga akan membantu regenerasi kulit, sehingga sel-sel kulit mati yang menyebabkan wajah kusam akan terangkat dan tergantikan dengan sel-sel baru yang lebih segar.

Cara penggunaannya adalah dengan menghaluskan belimbing sampai halus, kemudian menambahkannya dengan sedikit air hangat. Kemudian gunakan sebagai masker wajah dengan sedikit pijatan lembut (sebelumnya bersihkan wajah dengan sabun pembersih).

Diamkan selama sekitar 15 menit, lalu bilas dengan air bersih. Waktu penggunaan masker belimbing wuluh yang paling tepat adalah sebelum tidur, sehingga hasil akan maksimal.

5. Manfaat Belimbing Wuluh untuk Wajah Berjerawat

Khasiat lain dari belimbing wuluh untuk kecantikan wajah yaitu mampu mengatasi jerawat pada wajah. Jerawat adalah peradangan ringan yang terjadi di bawah permukaan kulit, yang meskipun hanya ringan namun harus segera di atasi. Sebab, munculnya jerawat dapat menyebabkan bekas luka dan flek hitam di kulit wajah.

Dalam buah belimbing wuluh, terkandung senyawa antioksidan yang tinggi dan mampu berperan dalam menyamarkan bekas jerawat dan flek hitam di wajah. Antioksidan membantu kulit untuk meregenerasi sel-sel yang mati, sehingga wajah akan nampak segar.

Selain itu, belimbing wuluh juga mengandung senyawa anti bakteri yang dapat berperan dalam mencegah munculnya jerawat, dimana bakterilah yang menjadi penyebab utama tumbuhnya jerawat.

Munculnya jerawat disebabkan oleh adanya penyumbatan pori-pori oleh kotoran, sehingga minyak dan kotoran akan menumpuk dan menjadi tempat yang cocok bagi pertumbuhan dan perkembangan bakteri.

Dengan penggunaan belimbing wuluh sebagai masker, pori-pori wajah yang terbuka dapat kembali mengecil, sehingga kulit akan bersih dan tidak menjadi tempat tumbuh kembang bakteri penyebab jerawat.

Belimbing wuluh juga dapat berperan dalam mengurangi minyak berlebih di wajah. Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah ini mampu membantu mengikat minyak yang diproduksi secara berlebih pada wajah, sehingga akan membantu mengurangi risiko tumbuhnya jerawat.

Demikian beberapa khasiat atau manfaat belimbing wuluh untuk wajah dan kesehatan tubuh serta kecantikan wajah. Selalu jaga kesehatan tubuh kita agar tercipta kehidupan yang bahagia bersama keluarga. Selamat beraktivitas, semoga bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *