Keunikan Masjid Tiban Turen Malang dengan Desain Ala Timur Tengah

Masjid Tiban yang berada di Malang, sudah menjadi populer oleh masyarakat Indonesia dengan kemegahan arsitekturnya yang berdesain ala Timur Tengah. Memang sejatinya sebuah masjid terkenal akan kemegahan arsitekturnya, karena masjid adalah rumah Tuhan bagi umat Islam maka harus mencirikan kebesaran pemiliknya.

Untuk itu, masjid ini memiliki banyak sekali keunikan selain memiliki desain eksotis bergaya Timur Tengah. Saking uniknya, banyak yang penasaran dengan cerita mengenai masjidnya dan berkunjung ke masjid tersebut sambil berwisata.

Hingga akhirnya masjid ini menjadi populer sebagai obyek wisata, dan bisa menjadikan wisata religi. Jika Anda merasa penasaran akan keunikan dan kebesaran masjid ini, coba Anda simak informasi berikut ini dan segera kunjungi tempatnya. Pasti Anda tidak akan menyesal untuk mendatangi masjid yang satu ini.

Sejarah Masjid Tiban

masjid tiban malang

Dari sejarah dan asal muasalnya, masjid ini memang punya segudang cerita yang unik karena bentuk dan kemegahannya. Masjid Tiban sebenarnya adalah berasal dari sebuah Pondok Pesantren Salafiah Bihaaru Bahri Asali Fadlaailir Rahmah, dimana masjid ini dirancang oleh pendirinya sendiri secara langsung yaitu KH Ahmad Bahru Mafdlaluddin Shaleh Al-Mahbub Rahmat Alam. Nama yang cukup panjang untuk sebuah pondok pesantren yang artinya ‘Laut Madu’.

Dari namanya, masjid ini memang artinya masjid yang ada dengan sendirinya atau tiban karena tidak pernah terlihat pembangunannya. Namun, padahal masjid ini berasal dari bagian pondok pesantren yang sudah terbangun sebelumnya. Sekarang, masjid ini memang sengaja difungsikan sebagai pondok pesantren. Bahkan, masjid ini dibangun oleh anak-anak santri dari pondok pesantren tersebut serta jamaah yang berjumlah 250 orang.

Dengan bangunan arsitektur yang berornamen Timur Tengah, perpaduan desain Turki, India dan Rusia sampai Mesir serta didominasi oleh warna biru dan putih. Pondok pesantren yang sudah dibangun sebelumnya tersebut sudah berdiri sejak tahun 1978, yang dibangun oleh Romo Kiai Haji Ahmad Bahru Mafdlaluddin Shaleh Al-Mahbub Rahmat Alam.

Setiap kamar yang di pondok pesantren ini dipercaya oleh semuanya memiliki manfaatnya masing-masing. Tentunya, manfaat itu membuktikan kalau orang-orang yang ikut membangun melakukan dengan ikhlas.

Semakin bermanfaat artinya mereka semakin tambah ikhlas. Pembangunan masjid ini selalu mengandalkan adanya istikharah, mulai dari urusan yang berhubungan dengan kamar, warna cat kamar hingga aksesoris dan apapun yang berhubungan dengan kamar.

Uniknya lagi, membuat bangunan megah seperti ini biasanya sudah seharusnya menggunakan jasa arsitek handal. Namun, masjid ini ternyata tidak menggunakan arsitek sama sekali melainkan istikharah yang dilakukan oleh si pemilik pondok pesantren itu sendiri. Bahkan, dalam pembangunannya masjid ini juga menggunakan material seadanya seperti batu merah dengan tanah liat.

Lokasi Masjid Timban

alamat lokasi masjid tiban malang

Kalau Anda ingin mengetahui bagaimana sebenarnya masjid yang banyak dipertanyakan orang ini, Anda harus tahu dulu dimana lokasi masjid tersebut. Masjid Tiban berlokasi di jalan KH. Wahid Hasyim, gang Anggur. Adapun lokasi ini masuk dalam desa Sananrejo Kecamatan Turen di wilayak Kabupaten Malang Jawa Timur. Letaknya berada di tengah pemukiman penduduk.

Karena sekarang sudah menjadi obyek wisata religi, maka di sepanjang jalan di depan masjid sangat ramai dipenuhi banyak pedagang kaki lima yang berjualan makanan. Dan kendaraan dari para pengunjung hanya boleh diparkir di pinggir jalan raya.

Lokasi masjid yang memang berada di antara pemukiman warga membuat suasana masjid semakin ramai karena para warga yang memang tinggal disana juga dengan mudahnya datang ke masjid ini atau sekedar datang menengok atau mampir sebentar. Pada akhirnya mengundang para pengunjung lain datang.

Ketinggian Lantai Masjid Tiban

masjid tiban di malang

Bangunan Masjid Tiban yang terlihat sangat megah dan mempesona ini memiliki ketinggian lantai hingga 10 lantai. Terbagi-bagi menjadi beberapa bagian zona ruangan, seperti lantai pertama dibuat untuk tempat istirahat dan beribadah atau mushola. Lantai dua terdapat ruang istirahat, ruang makan serta dapur. Setelah itu lantai tiga terdapat mushola dan kebun binatang mini, sedangkan lantai enam khusus untuk ruangan para pengurus pondok beserta keluarganya.

Artinya lantai 1 sampai lantai 4 merupakan zona untuk kegiatan para santri, dan lantai 6 zona untuk keluarga para pengurus pondok pesantren. Lalu lantai 5, 7 dan 8 adalah zona toko-toko kecil dikelola oleh para santriwati. Sedangkan lantai paling atas yaitu 9 dan 10 terdapat sebuah bangunan yang dirancang seperti layaknya lereng gunung atau puncak gunung.

Untuk sebuah masjid memang jarang memiliki ketinggian hingga 10 lantai. Tapi masjid ini yang memang lain dari yang lain, memiliki 10 lantai karena bangunan masjid yang memang berasal dari pondok pesantren tadi.

Ditambahlagi dengan menara beserta kubah yang besar membuat masjid ini semakin cantik. Menurut cerita masjid ini dibuat dengan bahan seadanya, namun saat diamati kubah masjid ini cukup keren, sudah seperti masjid yang menggunakan bahan galvalum, harga kubah masjid galvalum sudah terkenal mahalnya karena memang kualitasnya terbaik.

Wisata Religi Favorit

wisata masjid turen di malang

Sebagai masjid yang mendadak populer, Masjid Tiban memang mendadak juga menjadi tempat wisata religi favorit di daerah Malang, Jawa Timur. Sebagai sebuah obyek wisata, masjid ini termasuk cukup ramai didatangi banyak pengunjung.

Baik yang ingin benar-benar berkunjung mendatangi sebuah masjid untuk mampir dan beribadah atau mengikuti acara-acara yang diadakan oleh masjid tersebut, maupun orang-orang yang datang hanya sekedar penasaran dengan berita dan cerita yang tersebar. Bahkan datang berbagai penjuru, karena terlalu penasaran dengan ceritanya.

Karena masjid ini memang bagian dari pondok pesantren, maka bisa sekaligus mengunjungi pondok pesantren tersebut. Bahkan, di dalam pondok pesantren juga terdapat kolam renang yang banyak dikunjungi wisatawan.

Fasilitas Masjid Tiban

masjid tiban di malang

Baik sebagai sebuah masjid ataupun sebagai tempat wisata, tempat ini memiliki banyak fasilitas. Dimana tempat ini memang memiliki lahan yang luas, sehingga tempat ini menyediakan semua kebutuhan yang menunjang para pengunjung. Misalnya saja, yang sudah pasti tesedia di Masjid Tiban sekaligus pondok pesantren ini memiliki toilet dan tempat beribadah atau musholla.

Selain itu, menurut postingan di Anugerahkubah.co.id, masjid dan pondok pesantren ini memiliki kolam renang lengkap dengan perahunya yang memang dikhususkan untuk wisatawan dan kebun binatang mini seperti kijang, monyet, kelinci dan banyak lagi yang dijadikan obyek wisata khusus.

Sedangkan, fasilitas lainnya seperti toko-toko kecil yang menjual banyak barang seperti jilbab, mukena, sajadah ataupun makanan-makanan ringan serta barang-barang lainnya.  Sebuah tempat ibadah yang menjadi obyek wisata sudah sangat biasa, karena beberapa tempat ibadah ada yang menyediakan tempat-tempat khusus untuk pengunjung yang datang hingga akhirnya tempat tersebut menjadi obyek wisata religi yang menarik.

Apalagi jika tempat tersebut berbarengan dengan bangunan lain yang memiliki segudang kegiatan seperti pondok pesantren ini, sehingga pengunjung pun juga bisa datang dengan tujuan mengikuti kegiatan tersebut.

Fasilitas Masjid Tiban yang cukup memadai bukan hanya cocok untuk wisata religi tapi juga wisata edukatif. Ya, dengan mengunjungi tempat ibadah ini, maka keluarga yang memiliki anak-anak akan dapat mengajarkan nilai keindahan dan kebersihan yang menjadi sebagian dari iman. Itulah yang menjadi salah satu daya tarik dan keistimewaan dari masjid megah di sudut Kabupaten Malang ini.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *