Materi Bulu Tangkis Lengkap Untuk SMP dan SMA

Materi Bulu Tangkis – Bulu tangkis merupakan olahraga permainan yang menggunakan raket dan shuttlecock. Shuttlecock dipukul melewati net. Permainan bulu tangkis bisa dilakukan indoor maupun outdoor.

Permainan yang satu ini berlaku untuk putra dan putri, baik dalam bentuk ganda, tunggal, maupun ganda campuran.

Bermain bulu tangkis juga bisa meningkatkan kebugaran jasmani bagi orang yang memainkannya. Tak heran jika materi bulu tangkis semakin banyak diajarkan sejak memasuki usia sekolah.

Bulu tangkis atau yang juga dikenal dengan nama badminton memang digemari banyak orang. Bahkan, tak sedikit pemain Indonesia yang pernah menjadi juara dunia. Sebut saja Rudi Hartono, Taufik Hidayat, Liem Swie King, Susi Susanti, dan masih banyak lainnya.

Mereka berprestasi berkat perjuangan yang hebat. Rajin berlatih serta menguasai teknik-teknik dasar bermain bisa menuntun anda menjadi jawara bulu tangkis. Maka dari itu, pastikan anda mengenal lebih dalam mengenai jenis olahraga yang satu ini.

Materi Bulu Tangkis

materi bulu tangkis

Sebagai pemula, anda bisa mulai mengenal perlengkapan permainan bulu tangkis. Sebut saja raket, kok, senar, net, dan lapangan. Raket adalah alat pemukul yang kuat dengan bobot kurang dari 150 gram. Pemukul ini bisa dibuat dari bahan kayu, fiberglass, aluminium, atau arang.

Untuk kok atau shuttlecock terdiri dari kepala dan bulu. Bagian kepala dibuat dengan gabus yang dibungkus kulit tipis serta kuat. Bobot kok antara 73-85 grains atau 4.73-5.50 gram. Bulu kok berjumlah 14-16 helai dan ditancapkan ke dalam gabus yang bergaris 25-28 mm atau 1-1/8 inci.

Dari ujung atas sampai ke bagian yang rata pada gabus, ukuran bulu 64-74 mm. Diameter bagian atas kok sekitar 54-56 mm, diikat benang ataupun bahan lain secara kuat.

Lain halnya untuk senar. Bahan senar bisa dibuat dari nilon ataupun bahan sintesis. Jenis ketebalan senar pun beragam. Senar tipis itu sendiri paling perasa dan mudah putus. Senar tebal termasuk tidak bisa untuk permainan halus dan sukar putus.

Ada juga campuran atau ketebalan senar tidak tipis maupun tidak tebal. Untuk net, ukuran net untuk permainan tunggal dan ganda sama. Adapun ukurannya ialah tinggi 1,55 meter, panjang 6,10 meter, dan lebar 0,67 meter. Sedangkan untuk ukuran lapangan berbeda.

Lapangan permainan ganda berukuran panjang garis samping 13.40 m dan lebar garis akhir 6.10 m. Sementara lapangan permainan tunggal berukuran panjang garis samping 13.40 m dan lebar garis akhir 5.18 m.

Materi Badminton Singkat

materi bulu tangkis

Setelah mengenal perlengkapan olahraga bulu tangkis, materi bulu tangkis selanjutnya ialah perihal teknik dasarnya. Adapun teknik dasar dalam olahraga bulu tangkis ini meliputi teknik dasar memegang raket, servis, memukul kok, dan langkah kaki.

Selain itu, pastikan juga anda mengerti mengenai permainan net dan peraturan permainannya. Dimana dalam peraturan permainan bulu tangkis terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan. Sebut saja pemain dan cara memperoleh nilai.

Materi Bulu Tangkis Kelas 11

materi bulu tangkis

Saat memasuki kelas 11, pastikan anda sudah mengerti mengenai teknik dasar memukul kok. Dalam materi memukul kok ini terdapat beberapa jenis pukulan. Sebut saja servis, lob, dropshot, smash, dan drive.

Servis juga bisa disebut sebagai pembuka permainan, dimana pukulan secara diagonal menerbangkan kok ke bidang lapangan lawan.

Sementara untuk lob, kok dipukul setinggi mungkin dan juga diarahkan jauh ke belakang garis lapangan. Melakukan lob bisa dengan cara underhand lob atau overhead lob.

Pukulan dropshot merupakan pukulan yang tepat melampaui jaring. Pukulan yang satu ini menerbangkan kok ke daerah lawan dan juga menjatuhkannya sedekat mungkin dengan posisi net.

Untuk pukulan smash ialah gerakan ayunan tangan secara cepat, mendadak, keras, serta menerjunkan kok secara curam. Smash seringkali menghasilkan nilai. Sedangkan pukulan drive ialah pukulan menerbangkan kok secara mendatar.

Ketinggiannya menyusuri atas net serta penerbangannya sejajar dengan lantai. Berdasarkan fungsi serta arahnya, drive terdiri dari pukulan drive panjang, setengah lapangan, dan pendek.

Materi Bulu Tangkis SMA

Sekolah Menengah Atas tentunya sudah harus mengenal peraturan permainan bulu tangkis. Jika berdasarkan pemainnya, olahraga bulu tangkis ini bisa dibedakan menjadi tiga, yakni permainan tunggal putra/putri (single), permainan ganda putra/putri (double), dan permainan ganda campuran (mixed double).

Pemain kedua belah pihak akan melakukan undian untuk memilih tempat serta melakukan servis lebih dahulu. Selain pemain, peraturan permainan bulu tangkis juga mencangkup cara memperoleh nilai.

Set atau game menentukan lamanya olahraga permainan bulu tangkis, dimana setidaknya dilakukan dalam 2 game. Pemenangnya ialah pemain yang berhasil memenangkan 2 game. Apabila semua pemain memenangkan 1 game, alhasil rubberset.

Kedua pemain lanjut melakukan game ketiga. Dengan begitu, yang memenangkan game ketiga inilah yang menjadi pemenangnya.

Untuk nilai dalam permainan tunggal putra ialah 21 poin, sementara untuk ganda putra/putri 25 poin. Apabila sama-sama mendapat poin 20 atau 24, maka pemain yang terlebih dahulu mencapai poin tersebut boleh meminta penambahan angka yang harus diraih (yus/jus), yaitu 3 poin.

Apabila terjadi yus, maka servis pertama dilakukan oleh pemain yang bisa menyamakan poin. Lain halnya jumlah poin setiap game untuk tunggal putri, yaitu 21 poin. Apabila terjadi persamaan poin 20, maka pemain yang menghasilkan nilai terlebih dahulu berhak meminta yus.

Materi Badminton SMP

Pembelajaran bulu tangkis SMP diantaranya yaitu teknik dasar memegang raket, servis, dan langkah kaki. Untuk teknik dasar memegang raket meliputi pegangan kombinasi, backhand, kapak, dan geplak kasur. Sementara untuk teknik servis terdapat servis pendek dan panjang.

Servis itu sendiri adalah pukulan permulaan sebagai tanda permainan dimulai. Secara umum, sikap servis yang tepat ialah sikap berdiri rileks. Kok harus dilepaskan terlebih dahulu, baru dipukul. Kaki tak boleh diangkat sebelum kok dipukul. Kok tidak didorong, tetapi dipukul.

Lain halnya untuk teknik dasar langkah kaki. Perlu diketahui, gerak langkah kaki bisa menentukan keberhasilan anda dalam memukul kok. Adapun teknik dasar langkah kaki yang tepat ialah kaki harus bisa digerakkan ke segala arah secara cepat serta ringan.

Berdiri selalu pada ujung kaki. Sikap ini bisa memudahkan kaki untuk bergerak cepat. Ketika mengembalikan kok di depan net, kaki kanan andda berada di depan serta sebaliknya pada waktu memukul kok di belakang, kaki kanan anda di belakang.

Langkah anda harus diatur seefisien mungkin. Langkah panjang lebih baik daripada langkah kecil atau pendek.

Materi Bulu Tangkis 10

Salah satu materi bulu tangkis untuk kelas 10 ialah permainan netting. Permainan net adalah pukulan yang paling sulit sehingga membutuhkan kecermatan serta penuh perasaan dalam melakukannya.

Adapun prinsipnya ialah kok harus diambil di atas ataupun setinggi mungkin. Lambungan kok harus serendah mungkin dengan net. Jatuhnya kok harus serapat mungkin dengan net. Pengambilan kok dilakukan saat kok masih di atas.

Jika diambil setelah bola di bawah bisa memperlambat tempo permainan sehingga dapat memberikan kesempatan bagi lawan untuk lebih siap dalam maju.
keyword: materi bulu tangkis

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *