(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({ google_ad_client: "ca-pub-7230939510079058", enable_page_level_ads: true });

Panjang Lapangan Bulu Tangkis Turnamen Tunggal dan Ganda

Panjang Lapangan Bulu Tangkis – Menjalani pola hidup yang sehat memang mampu menghindarkan kita dari berbagai jenis penyakit. Selain itu, tubuh pun akan terasa lebih bugar. Adapun salah satu pola hidup sehat ialah rutin berolahraga.

Ada berbagai jenis olahraga yang bisa anda coba lakukan. Sebut saja olahraga bulu tangkis. Olahraga permainan bulu tangkis ini tak hanya menyehatkan, melainkan juga menyenangkan.

Selain pemain dan alat permainan, olahraga bulu tangkis ini juga membutuhkan lapangan. Untuk menyiapkan lapangan, pastikan anda mengetahui ukurannya, misalnya panjang lapangan bulu tangkis.

Dengan tujuan untuk memfasilitasi pemain dalam berolahraga bulu tangkis, lapangan harus memiliki ukuran standar seperti yang sudah ditetapkan. Hal ini dilakukan agar lapangan yang dibuat dapat awet serta digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Lapangan olahraga ini berupa sebuah ruang terbuka non hijau yang dibentuk pelataran yang mempunyai fungsi utama untuk melaksanakan aktifitas olahraga. Dalam hal ini, olahraga bulu tangkis.

Panjang Lapangan Bulu Tangkis

panjang lapangan bulu tangkis

Bulu tangkis merupakan jenis olahraga yang juga bisa dianggap sebagai permainan. Olahraga yang satu ini dimainkan dengan raket dan kok. Tak hanya itu, olahraga bulu tangkis ini juga dilengkapi dengan net dan lapangan indoor ataupun outdoor.

Olahraga ini mempunyai gerakan dominan, yakni antara kaki dengan lengan. Gerakan inilah yang menciptakan teknik-teknik serta gaya dalam memainkan raket dan kok. Seperti yang telah disinggung bahwa lapangan menjadi bagian dari olahraga bulu tangkis.

Perlu disadari tidak setiap ukuran lapangan bulu tangkis atau yang juga dikenal dengan nama badminton ini miliki memenuhi standar. Bahkan sebagian besar pemain ada yang hanya bertanding di tempat ala kadarnya.

Biasanya pemain membuat lapangan dengan garis yang mana tak sesuai dengan ukuran standar. Garis ini dibuat dengan hanya menyesuaikan tempat yang tersedia serta sesuai dengan kondisi dan situasinya.

Tak keliru tentunya apabila hanya ingin menjalankan hobi. Namun untuk perlombaan resmi, ukuran lapangan bulu tangkis sangatlah diperhatikan.

Panjang Lapangan Bulu Tangkis untuk Partai Tunggal yang Berstandar Internasional

panjang lapangan bulu tangkis

Permainan bulu tangkis memiliki beberapa jenis. Sebut saja tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran. Tunggal putra ialah seorang pria (satu orang pria) berhadapan dengan seorang pria atau yang juga biasa disebut single.

Untuk tunggal putri ialah seorang wanita (satu orang wanita) berhadapan dengan seorang wanita (single). Ganda putra ialah sepasang pria (dua orang pria) berhadapan dengan sepasang pria atau yang biasa disebut dengan istilah double.

Sedangkan ganda putri ialah sepasang wanita (dua orang wanita) berhadapan dengan sepasang wanita (double). Lain halnya untuk ganda campuran, dimana pria dan wanita (satu pria dan wanita) berhadapan dengan pria dan wanita (double).

Pada bidang permainan bulu tangkis partai tunggal, lebar area permainan menggunakan garis lapangan samping bagian dalam. Sementara panjang area permainan bulu tangkis menggunakan garis belakang bagian luar. Hal ini tentu saja berbeda dengan permainan bulu tangkis partai ganda.

Dimana area permainan bulu tangkis partai ganda untuk lebar permainan menggunakan garis luar bagian samping dan panjangnya memakai garis belakang bagian luar.

Dalam bidang permainan bulu tangkis, ukuran lapangan badminton untuk partai tunggal ialah panjang bidang permainan 13,40 meter, lebar bidang permainan 5,18 meter, panjang bidang penerima servis 4,72 meter, dan lebar bidang penerima servis 2,59 meter.

Selain itu, ada beberapa garis permainan pada tiap bidang tersebut, dimana masing-masing garis memiliki ketebalan sekitar 40 mm. Garis pun diharuskan untuk berwarna kontras dengan warna lapangan. Adapun beberapa warna garis yang disarankan ialah warna kuning atau putih.

Panjang Lapangan Bulu Tangkis Tunggal 

panjang lapangan bulu tangkis

Dengan mengetahui panjang lapangan bulu tangkis partai tunggal pada pembahasan di atas, pastikan anda mencermati tiap teknik anda. Dengan begitu, kesempatan bagi anda untuk menang dalam permainan bulu tangkis single (tanding sendiri) bisa terbuka lebih lebar.

Mengingat ukuran lapangan bulu tangkis partai tunggal yang sesuai standar, bentuknya pun mengikuti sesuai prosedurnya.

Lapangan olahraga permainan bulu tangkis digolongkan atas dua, yakni bidang permainan yang terpisah dan saling berhadapan dengan net yang membentang di tengah. Lapangan didesain persegi panjang.

Tak hanya itu, disarankan juga material permukaan lapangan bulu tangkis ialah dari bahan sintetis yang lunak. Selain itu, ada juga penggunaan kayu. Perlu dicermati, permukaan lapangan bulu tangkis tidak diperbolehkan untuk menggunakan material dari bahan sintetis yang keras.

Hindari juga penggunaan material beton. Hal ini dikarenakan bisa menyebabkan para pemain mengalami cidera. Dengan bahan yang disarankan tersebut, para pemain bisa memainkan olahraga bulu tangkis secara aman dan nyaman.

Panjang Lapangan Bulu Tangkis Menurut BWF 

Ukuran lapangan permainan bulu tangkis yang sesuai standar ialah ukuran lapangan yang ditetapkan serta ditentukan oleh Federasi Badminton Internasional atau International Badminton Federation (IBF). Saat ini IBF dikenal dengan nama Federasi Dunia Badminton atau Badminton World Federation (BWF).

Sementara di Indonesia ada di bawah naungan PBSI (Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia). Adapun ukuran internasional lapangan bulu tangkis yang sesuai standar yaitu panjang lapangan bulu tangkis 13,40 meter dan lebar 6,10 meter.

Sementara untuk jarak lapangan pada permainan bulu tangkis, jarak garis servis depan dari garis net berukuran 1,98 meter, jarak garis servis tengah dari garis samping lapangan 3,05 meter, jarak garis servis belakang dari garis belakang lapangan (untuk permainan ganda) 0,76 meter, dan jarak garis samping permainan tunggal dari garis pinggir lapangan 0,46 meter.

Lain halnya untuk net. Tinggi tiang net 1,55 meter dan tinggi net 1,52 meter.

Panjang Lapangan Bulu Tangkis 

Berbeda dengan ukuran lapangan bulu tangkis partai tunggal, ukuran lapangan bulu tangkis partai ganda memiliki panjang bidang permainan 13,40 meter, lebar bidang permainan 6,10 meter, panjang bidang penerima servis 3,96 meter, dan lebar bidang penerima servis 3,05 meter.

Ukuran Lebar Lapangan Bulu Tangkis 

Dalam ukuran lebar lapangan bulu tangkis, perlu diketahui bahwa masing-masing garis lapangan memiliki fungsi. Dimana bagian samping ada 2 garis, yaitu dalam dan luar.

Untuk bagian belakang juga ada 2 garis, yakni luar dan dalam. Tiap permainan bulu tangkis ada ketentuan dan aturan yang tak sama antara partai tunggal maupun tunggal.

Mengenai bidang area service, permainan bulu tangkis partai tunggal ialah garis belakang luar dan garis samping dalam, sedangkan area service partai ganda ialah garis belakang bagian dalam dan garis samping luar.

Untuk area servis tunggal memiliki panjang 13,40 meter dan lebar 5,18 meter. Sedangkan area servis ganda lebarnya 6,10 meter dengan panjang 11,88 meter.

Panjang Lapangan Bulu Tangkis Menurut BWF 

Ukuran panjang lapangan bulu tangkis selanjutnya ialah lapangan badminton mini. Lapangan bulu tangkis yang berukuran kecil atau mini ini biasanya diperuntukkan bagi anak yang masih berumur di bawah 9 tahun. Adapun ukurannya yaitu panjang lapangan sekitar 10.05 meter dengan lebar 4,40 meter.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *