(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({ google_ad_client: "ca-pub-7230939510079058", enable_page_level_ads: true });

Pencipta Permainan Bola Basket dan Sejarah Perkembangannya

Pencipta Permainan Bola Basket – Permainan bola basket termasuk salah satu jenis olahraga yang banyak penggemarnya. Tak mengherankan karena selain menyehatkan, permainan bola basket ini juga menyenangkan.

Permainan bola basket ini pun menjadi cabang olahraga yang diperlombakan di banyak event besar, baik tingkat regional maupun tingkat dunia seperti halnya olimpiade. Meski populer, nyatanya tak sedikit orang yang belum mengetahui pencipta permainan bola basket.

Apabila anda termasuk orang yang belum mengetahui pencipta permainan ini, pastikan anda menyimak secara teliti ulasan berikut ini.

Pastinya akan terasa hambar jika hobi dan jago bermain bola basket, namun tidak mengetahui siapa penciptanya. Dengan mengetahui penciptanya, maka anda akan merasa lebih mengenal permainan olahraga yang anda sukai tersebut. Permainan pun akan terasa lebih seru.

Tak hanya tokoh penciptanya saja, kami juga akan bagikan sejarah perkembangan permainan bola basket selengkapnya untuk anda.

Pencipta Permainan Bola Basket

pencipta permainan bola basket

Pencipta permainan bola basket ialah seorang guru olahraga di sebuah sekolah YMCA di Kanada, yakni bernama Dr. James Naismith. Guru olahraga ini adalah orang yang pertama kali memperkenalkan permainan bola basket dan menulis aturan dasarnya.

Mulanya, permainan bola basket ini dimainkan oleh sembilan orang untuk setiap regu. Bola basket dimainkan dengan cara digiring. Memainkannya bukan dengan di dribble, melainkan dengan melempar.

Dr. James Naismith lahir di Almonte, Canada West pada tanggal 6 November 1861. Dr. James Naismith lalu meninggal pada tanggal 28 November 1939 saat usianya 78 tahun.

Dr. James Naismith selalu mencari cara jitu untuk menghilangkan kebosanan pada murid-muridnya dalam pelajaran olahraga ketika musim dingin, saat beliau berprofesi sebagai seorang guru pendidikan di sekolah YMCA Springfield.

Hingga pada akhirnya Dr. James Smith menciptakan permainan yang disebut dengan permainan bola basket ini pada 15 Desember 1891. Permainan ini terinspirasi dari permainan yang sempat ia mainkan di Ontario saat kecil.

Pada awalnya, Dr. James Naismith menerima penolakan saat mulai memperkenalkan permainan bola basket. Hal ini dikarenakan permainan bola basket dianggap terlalu keras serta tidak cocok apabila dimainkan pada gelanggang olahraga yang tertutup.

Akhirnya Dr. James Naismith menciptakan sebuah ring pada sebuah tembok di gelanggang olahraga serta meminta muridnya untuk memainkan permainan tersebut.

Ketika menghadiri Olimpiade Berlin pada tahun 1936, Dr. James Smith memperoleh gelar sebagai Presiden Kehormatan Federasi Bola Basket Internasional. Dr. James Naismith terlahir sebagai warga Kanada, akan tetapi resmi berpindah kenegaraan Amerika pada tanggal 4 Mei 1925.

Sejarah Perkembangan Permainan Bola Basket

Pada tahun 1891, permainan bola basket ditemukan oleh Prof. doktor James A. Naismith. Permainan olahraga bola basket pertama kali diperkenalkan tahun 1892 di negara Amerika.

Pada tahun 1894, peraturan permainan bola basket pertama kali resmi dibuat oleh Prof. Dr. James A. Naismith serta Dr. Luther Gullick. Bola basket pun secara official sudah dibukukan ke perbendaharaan dengan bahasa Inggris dan diterima pada tahun 1895.

Pertandingan kejuaraan bola basket Far Eastern pertama kali diselenggarakan pada tahun 1913. Kala itu, Cina dikalahkan oleh Filipina dalam final.

Pada tahun 1918, permainan olahraga bola basket diperkenalkan ke sebagian negara di benua Eropa oleh tentara penduduk Amerika dan anggota YMCA.

Permainan olahraga bola basket adalah salah satu cabang olahraga yang dimasukan ke dalam pertandingan Olympiade Militer di Joinville pada tahun 1919.

Pada tahun 1932 dengan bertempat di Jenewa Swiss, kongres bola basket dilakukan untuk pertama kalinya. Adapun beberapa negara yang hadir saat kongres berlangsung ialah Italia, Argentina, Swiss, Cekoslowakia, Yunani, Portugal, dan Rumania.

Pada tahun 1932, terbentuk FIBA (Federation International de Basketball) sebagai federasi bola basket internasional. Ketika memasuki tahun 1933 di kota Turin, Italia, untuk pertama kalinya mengadakan kejuaraan dunia bola basket antar mahasiswa.

Di kongres komite internasional, bola basket diterima serta disetujui pada tahun 1935 sebagai salah satu nomor olahraga pertandingan Olympiade. Dalam Olympiade Berlin tahun 1936, bola basket dipertandingkan untuk pertama kalinya.

Sebanyak 22 negara mengikuti kompetisi Olympiade tersebut. Kompetisi dimenangkan oleh Amerika Serikat, Kanada, serta Mexico. Tahun 1939, pencipta permainan bola basket, Prof. Dr. James A. Naismith meninggal dunia.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *