Pengertian Logo, Fungsi, Jenis, Cara Pembuatan | Lengkap

Pengertian Logo – Istilah logo mempunyai pengertian yaitu suatu gambar ataupun sekedar sketsa yang memiliki makna tertentu. Logo juga mewakili sebuah arti dari organisasi, perusahaan, lembaga, produk, daerah, negara, serta hal lain yang memerlukan sesuatu yang mudah diingat dan singkat sebagai pengganti dari nama yang sesungguhnya.

Pengertian logo wajib memiliki filosofi, serta kerangka dasar dengan konsep, juga memiliki tujuan yang melahirkan sifat mandiri atau berdiri sendiri. Di dalam sebuah logo terdapat ciri khas seperti bentuk logo dan juga warna yang mencerminkan makna dari logo tersebut.

Setelah mengetahui pengertian logo, maka dalam pembuatan logo anda bisa menggunakan elemen apapun. Seperti gambar, tulisan, ilustrasi, logogram dan lainnya. Sebuah logo menjadi simbol ataupun elemen gambar dalam identitas visual.

Sebuah logo bisa diambil maknanya dari kualitas yang telah disimbolkan lewat pendekatan budaya perusahaan, historis atau aspirasi perusahaan, serta penempatan posisi.

Pengertian Logo dan Fungsinya

pengertian logo

Menurut Soelarko dan kawan-kawan di dalam bukunya yang berjudul How to They Think, logo adalah sebuah tanda yang secara langsung memang tidak menjual. Namun memberikan sebuah identitas, di mana akhirnya menjadi alat pemasaran yang signifikan.

Dengan adanya logo, bisa membantu membedakan sebuah jasa atau produk dari kompetitornya. Secara menyeluruh bisa memunculkan citra positif dan dapat dipercaya.

Fungsi logo menurut Ruslan diantaranya adalah sebagai berikut:

Logo bisa menjadi identitas diri agar bisa membedakan identitas dengan milik orang lain. Selain itu, logo juga bisa menjadi bukti tanda kepemilikan. Hal ini agar dapat membedakan dengan milik orang lain juga. Fungsi logo selanjutnya adalah menjamin kualitas, mencegah pembajakan atau peniruan, menambah nilai positif. Logo juga dapat mengkomunikasikan informasi seperti nilai keaslian dan juga kualitas. Sebuah logo juga memiliki fungsi sebagai properti legal sebuah produk ataupun organisasi.

Macam Macam Jenis Logo

pengertian logo

Ada begitu banyak jenis logo yang telah beredar di dalam masyarakat. Namun pada dasarnya logo terbagi atas beberapa jenis dibawah ini:

Logotype: ini merupakan logo yang menggunakan wordmark atau kata yang di dalamnya mengandung unsur tipografi.

Logogram: merupakan logo yang menggunakan icon berupa ilustrasi atau inisial. Sselain itu, juga ada jenis logo yang menggabungkan kedua jenis di atas. Sehingga tampilan logo menjadi lebih lengkap dan komplit.

Kategori logo dibedakan menjadi empat jenis oleh Yasaburo Kuwayama:

1. Alfabet atau logo dalam bentuk huruf
2. Simbolis atau numbers berupa lambang-lambang dan juga angka-angka.
3. Konkrit atau forms, logo dengan bentuk yang serupa sesuai objek aslinya
4. Abstrak font, logo memiliki bentuk abstrak.

Bila dilihat dari segi konstruksinya, umumnya logo terbagi dalam tiga jenis yaitu: elemen gambar dan tulisan terpisah. Yang kedua, dapat disebut gambar dan juga disebut tulisan atau yang berbaur. Dan yang ketiga elemen tulisan saja.

Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Membuat Logo

Ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian khusus di dalam pembuatan logo diantaranya adalah:
Tipografi: sudah ada banyak logo yang sukses dibuat hanya dengan menggunakan tipografi. Baik itu menggunakan sans-serif ataupun berbagai macam font lainnya.

Membuat logo menggunakan tipografi bisa memberikan semacam emosi bagi orang-orang yang melihat logo tersebut.

Warna

Pemilihan warna yang tepat menjadi salah satu hal yang begitu krusial saat anda membuat logo. Sebab jika warna yang anda pilih adalah warna yang salah, maka bisa jadi pesan serta emosi yang ingin anda sampaikan kepada masyarakat menjadi rancu dan kacau. Warna yang dipilih untuk logo sebaiknya warna yang mudah diingat dan sederhana.

Namun tetap dapat memberikan ekspresi langsung bagi konsumen atau masyarakat yang melihatnya. Pemilihan warna yang sederhana juga bisa menghemat biaya produksi anda dalam pembuatan logo.

Bentuk

Ada banyak sekali logo yang memiliki bentuk unik. Namun anda juga harus perhatikan bentuk logo yang ingin didesain. Sebab setiap bentuk logo baik lurus, bundar, siku, dan lain sebagainya bisa mempunyai arti tersendiri.

Dapat berarti aktif ataupun pasif. Sebagai contoh, saat klien menginginkan logo untuk produk sabun, maka jangan buat logo yang keras dan juga siku.

Selera

Saat anda menentukan pembuatan logo, anda juga harus mengingat selera setiap orang adalah berbeda dan sangat subjektif.

Selain itu, anda juga harus memperhatikan keseimbangan dengan mencari tahu atau menemukan seberapa baik logo yang telah dibuat. Anda bisa mencoba dengan memutar atau membolak-balikkan logo tersebut untuk menemukan kemungkinan lain yang bisa menjadikan logo lebih berkembang.

Opini

Di dalam pembuatan sebuah logo, maka tidak ada yang salah untuk menanyakan kritik, pandangan, serta masukan dari orang lain. Karena dengan hal tersebut, kita bisa lebih mengembangkan kreativitas serta bisa memenuhi selera pemesan.

Logo itu dapat diibaratkan sebagai wajah. Setiap orang dapat dengan mudah mengenali satu sama lain hanya dengan cara melihat wajah mereka. Begitu pula dengan logo. Logo menjadi visi penyampaian citra positif lewat tampilan sederhana yang hadir dalam bentuk simbol.

Karena fungsi dasar logo adalah sebagai identitas, maka pembuatan logo harus unik dan mudah diingat. Disamping itu, logo juga harus dapat divisualisasikan dengan seimbang dan enak untuk dipandang. Pembuatan logo juga harus relevan, sehingga dapat memberikan penjelasan tentang apa yang telah ditawarkan perusahaan pemilik logo.

Saat anda sudah memahami pengertian logo, fungsi, serta bagaimana cara membuat logo yang baik dan benar, maka anda bisa membuat logo. Baik untuk perusahaan, daerah, instansi, produk atau yang lainnya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *