Pengertian Transformator, Fungsi dan Berbagai Macam Jenisnya

Pengertian Transformator – atau yang kerap dinamakan dengan trafo merupakan perangkat penting yang ada pada setiap rangkaian jaringan listrik.

Biasanya trafo  atau transformator ini digunakan untuk mengubah suatu taraf tegangan AC (bolak-balik) menuju taraf tegangan AC lainnya tanpa menggunakan kontak fisik. Proses tersebut juga tanpa terjadi perubahan pada karakteristik fasa serta frekuensi.

Tingkat atau taraf dari tegangan AC yang terjadi perubahan tersebut bisa terjadi.  Karena terdapatnya induksi elektromagnetik antara kumparan primer serta kumparan sekunder.

Fungsi Transformer

Fungsi transformer yaitu untuk menurunkan voltase  AC  PLN yang besarnya 380 V atau 220 V menjadi voltase operasi yang diperlukan. Sedangkan untuk rectifier fungsinya sebagai pengubah arus AC menjadi arus DC yang akan dipergunakan untuk proteksi katodik.

Jenis-jenis Transformator

pengertian transformator

Terdapat berbagai macam jenis transformator yang dipakai untuk sistem kelistrikan dalam kebutuhan yang berbeda-beda. Kebutuhan itu antara lain seperti trafo yang dipakai dalam pembangkit tenaga listrik.

Kemudian juga dimanfaatkan dalam keperluan distribusi serta transmisi tenaga listrik. Transformer ini ternyata bisa diklasifikasikan dalam beberapa jenis seperti berikut ini.

Pengertian Trafo Step Up

Perlu anda ketahui, jika pengertian transformator step up adalah transformator yang berfungsi untuk menaikan taraf atau level tegangan AC dari rendah ke taraf yang lebih tinggi.

Tegangan Sekunder sebagai tegangan Output yang lebih tinggi dapat ditingkatkan. Caranya dengan memperbanyak jumlah lilitan di kumparan sekundernya daripada jumlah lilitan di kumparan primernya.

Tansformator step up jika di pembangkit listrik, pada umumnya jenis ini akan digunakan sebagai penghubung trafo generator ke grid.

Pengertian Transformator Step Down

Transformator Step Down  merupakan trafo yang dipakai untuk menurunkan taraf level tegangan AC dari taraf yang tinggi menuju yang lebih rendah.

Pada transformator ini, rasio jumlah lilitan dalam kumparan primer dari pada dengan jumlah lilitan pada kumparan sekundernya jumlahnya lebih banyak.

Transformator jenis step down jika untuk jaringan distribusi, biasanya akan dipergunakan atau dimanfaatkan. Ketika merubah tegangan grid yang tinggi untuk menjadi tegangan rendah yang dapat dimanfaatkan untuk peralatan rumah tangga.

Transformator ini bisa juga berfungsi untuk alat menurunkan taraf tegangan listrik sesuai dengan peralatan elektronik yang ada di rumah tangga.

Pengertian Transformator Distribusi

Transformator distribusi yaitu trafo yang mana berfungsi dan digunakan dalam mendistribusikan energi listrik, dari mulai pembangkit listrik  untuk menuju perumahan maupun lokasi industri.

Umumnya, transformator atau trafo distribusi ini mendistribusikan energi listrik dalam tegangan rendah yang kurang dari 33 kilo Volt guna kebutuhan rumah tangga maupun untuk industri yang berada dalam kisaran tegangan 220V sampai dengan 440V.

Pengertian Transformator Arus

Transformator arus atau yang juga sering disebut dengan istilah Current Transformer (CT) merupakan  transformator yang fungsinya untuk memperkecil besaran arus listrik (Ampere) dalam sistem tenaga listrik menjadi besaran arus didalam sistem pengukuran serta proteksi.

Selain itu juga berfungsi untuk memisahkan instalasi pengukuran serta proteksi yang asalnya dari tegangan tinggi. Jadi, bisa dimungkinkan jika standarisasi rating arus dalam peralatan sisi sekunder.

Pengertian Transformator Recti

Untuk sumber listrik AC yang dinilai paling mudah dan juga sudah paling umum digunakan di dalam system impressed current yaitu dinamakan Transformer rectifier.

Jadi, rectifier aini merupakan sebuah alat listrik yang berfungsi dalam proses mengubah gelombang listrik AC, yang pada mulanya dari Ttansformator atau dari sumber listrik lain, diubah  menjadi gelombang listrik DC.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *