(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({ google_ad_client: "ca-pub-7230939510079058", enable_page_level_ads: true });

7 Macam Perlengkapan Bulu Tangkis Yang Harus Ada

Perlengkapan Bulu Tangkis – Badminton atau bulutangkis merupakan sebuah permainan yang biasanya dimainkan oleh pemain tunggal ataupun pemain ganda.

Ketika bermain bulutangkis, diperlukan kondisi fisik dan juga timing yang bagus. Di samping itu, ada beberapa perlengkapan bulu tangkis yang harus anda penuhi ketika akan bermain bulutangkis.

Peralatan yang ada tidak perlu mahal, yang penting sudah memenuhi kriteria standar permainan bulutangkis itu sendiri. Dengan menggunakan perlengkapan yang lengkap, tentu permainan bulutangkis akan lebih sempurna.

Lapangan menjadi salah satu tempat dalam bermain bulutangkis. Di samping itu, anda juga tentu harus melengkapi perlengkapan bulu tangkis seperti shuttlecock, raket, baju dan lain sebagainya.

di bawah ini kami akan memberikan penjelasan mengenai 7 macam perlengkapan permainan bulu tangkis dan juga kegunaannya untuk anda.

1. Lapangan

perlengkapan bulu tangkis

 

Dalam permainan bulutangkis, lapangan memiliki bentuk persegi panjang dengan ukuran standar panjang 13,40 m dan lebar 6,10 m. Kegunaan lapangan ini adalah untuk tempat bermain badminton.

2. Jaring atau net

artikel bulu tangkis

Net dalam permainan bulutangkis berada di tengah-tengah lapangan. Fungsinya untuk membatasi daerah permainan dengan bentuknya seperti jaring-jaring. Tinggi net untuk permainan bulutangkis sekitar 155 cm.

3. Perlengkapan Bulu Tangkis Raket dan senar

perlengkapan bulu tangkis

Sekarang sudah banyak raket untuk permainan bulutangkis dengan berbagai macam jenis yang dibuat dari bahan grafit, karbon dan juga aluminium. Mengenai harganya juga sangat bervariasi, ada yang mahal dan juga ada yang murah.

Di samping raket, ada juga senar yang ada di dalam raket yang memiliki fungsi memantulkan kok. Pemasangan senar pada raket harus dipasang dengan baik agar tidak mudah putus. Supaya mendapatkan pukulan yang kencang dan juga cepat.

4. Shuttlecock

Biasanya kok dibuat dari bulu angsa yang sudah dibuat di pabrik. Standar kok sendiri yang telah dibuat oleh IBF adalah memiliki berat sekitar 5,67 gram. Bulu angsa yang ada pada gabus yang dibungkus kulit putih berjumlah 14 sampai 16 buah.

Diikat dengan dua tali yang melingkar. Umumnya panjangnya sekitar 8,8 cm jika diukur dari ujung kepala kok sampai ujung daun bulu. Panjang batang daun kok 65 cm dan panjang kepala kok 2,3 cm.

5. Sepatu dan kaos kaki

Saat bermain bulutangkis, sebaiknya gunakan sepatu yang memiliki sol yang kuat juga tidak licin. Saat ini di pasaran sudah banyak dijual sepatu yang dibuat khusus untuk bulutangkis. Harganya juga bervariasi.

Dengan menggunakan sepatu yang nyaman, tentu akan menunjang permainan anda. Selain itu, pakai juga kaos kaki agar semakin nyaman digunakan.

6. Perlengkapan Bulu Tangkis Tambahan Deker atau alat pelindung

Alat ini bisa anda gunakan dengan fungsi agar dapat melindungi anda dari cedera. Bermacam-macam deker sudah tersedia saat ini. Ada yang berbentuk gelang untuk melindungi sendi tangan. Selain itu, ada pula yang berfungsi untuk melindungi lutut.

7. Baju dan celana

Ketika anda sedang melakukan pertandingan bulu tangkis, sebaiknya anda menggunakan baju dan celana khusus. Untuk bermain bulutangkis, pakailah baju dan juga celana dengan bahan yang mudah menyerap keringat.

Dari ketujuh perlengkapan bulu tangkis tersebut, semuanya sudah bisa anda dapatkan dengan mudah di toko olahraga. Dengan menggunakan perlengkapan saat bermain bulutangkis seperti yang disebutkan tadi maka paling tidak anda telah memenuhi peraturan standar.

Selain itu, dengan menggunakan peralatan yang lengkap, itu berarti anda juga dapat melindungi tubuh anda dari cidera yang mungkin terjadi saat permainan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *