Rumus Belah Ketupat : Keliling, Luas, D1, D2

Tidak asing bukan dengan bangun datar belah ketupat. Jika anak anak kebanyakan menyebutnya dengan bentuk layang-layang ini sudah pastu tahu bukan?  Ya benar sekali. Belah ketupat adalah bangun datar dua dimensi yang terbentuk dari empat sisi dengan panjang yang sama. Bangun datar ini juga memiliki dua sudut bukan siku-siku. Sudut yang memiliki ukuran sama saling berhadapan. 

Diantara keunikan bentuk belah ketupat , bangun  datar ini juga memiliki sifat khusus yang mana tidak ditemukan di bangun datar lainnya. sifat ini hanya bisa ditemukan di bangun datar belah ketupat. 

Sifat Khusus Belah Ketupat :

1. Keempat sisinya sama panjang

Ini sudah jelas terlihat. Seperti layang layang yang sebelum dimainkan selalu diukur terlebih dahulu panjang sisi kanan kirinya, belah ketupat memiliki empat sisi yang sama. Maka dari itu, digunakan sebagai layang layang agar bisa seimbang ketika diterbangkan ke langit. 

2. Mempunyai dua diagonal tegak lurus

Nah, walaupun sisinya sama panjang, diagonal satu dengan diagonal duanya berbeda. Diagonal 1 (d1) dan diagonal 2 (d2) pada bangun datar belah ketupat saling tegak lurus membentuk sudut siku-siku 90 derajat. 

3. Sudut yang saling berhadapan

Ada empat sudut dalam bangun datar belah ketupat. Dari keempat sudut yang ada, ternyata hanya ada dua sudut berbeda, yang mana keduanya adalah sama. Sudut yang sama ternyata saling berhadapan. 

  1. Total dari keempat sudut yang ada di bangun datar ini yaitu 360 derajat. 
  2. Terdapat dua sumbu simetri yang merupakan diagonalnya. 

Rumus Belah Ketupat

Rumus Belah Ketupat

Untuk menentukan hasil Luas, keliling dan lainnya harus menggunakan rumus. Ada rumus luas belah ketupat, rumus keliling belah ketupat, dan rumus untuk mencari diagonal 1 dan diagonal 2 nya. Bagi anda yang masih belum tahu bagaimana, berikut adalah rumus belah ketupat :

Keliling (Kll) = s + s + s + s 

Luas (L) = s x 4

Sisi (s) = ½ x d1 x d2

Diagonal1 (d1) = 2 x L / d2

Diagonal2 (d2) = 2 x L / d1

Tergantung dengan hasil yang ingin anda temukan, anda bisa mencarinya dengan rumus di atas. RUmus di atas juga membantu anda jika ingin membuat sebuah bentuk bangun datar belah ketupat. Missal ingin membuat sebuah pigura, plakat, atau layang layang. . 

Mungkin kebanyakan orang mengatakan bahwa belah ketupat hampir mirip dengan bangun datar persegi. Memang terlihat sekilas sangatlah mirip, tetapi sebenarnya kedua bangun datar ini sangat berbeda. Baik dari sudut yang ada, bahkan panjang sisi nya pun jauh berbeda. Maka dari itu, rumus untuk mencari luas dan kelilin gpun berbeda. Lalu, apa saja perbedaan dari kedua bangun tersebut, berikut adalah perbedaannya dan persamaannya :

Perbedaan 

Sudut daripada persegi yaitu memiliki besar 90 derajat. Sedangkan belah ketupat memiliki sudut di atas 90 derajat dan dua sudut lainnya di bawah 90 derajat. Dari sini sudah terlihat perbedaannya. Jelas sekali bahwa keduanya tidak memiliki kesamaan di bagian sudut. 

Persamaan 

Memiliki panjang sisi yang sama. Walaupun terhalang karnea bentuk sudutnya yang berbeda, tetapi panjang sisinya tetap sama. Kedua bangun datar ini jelas memiliki meiripan dalam ukuran sisi. Maka dari itu, banyak yang mengatakan bahwa keduanya adalah bangun datar yang sama, padahal sebenarnya tetap berbeda. Tapi ini juga yang membuat rumus keliling belah ketupat cara mencarinya sama. 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *