Rumus Luas dan Keliling Jajar Genjang

Dalam ilmu matematika atau ilmu hitung, banyak sekali macam-macam rumus yang terbentuk. Karena cara menghitung dalam ilmu hitung memang menggunakan rumus tertentu. Bahkan, ada yang bisa menggunakan cara cepat menghitung.

Pada mata pelajaran matematika pun ditemui banyak bentuk dan bangunan. Variasi bentuk terdiri bangun datar dan bangun ruang, perbedaannya adalah dari volume yang terbentuk. Bangun datar adalah sebuah bentuk dua dimensi, sedangkan bangun ruang adalah perwujudan bentuk 3 dimensinya karena memiliki ukuran volume atau isi.

Ada banyak bentuk dalam dunia matematika, dalam bangun datar saja sudah memiliki bentuk yang beraneka ragam. Mulai dari persegi, persegi panjang, segitiga dan masih banyak lagi. Salah satunya juga ada bentuk jajar genjang pada bangun datar. Kali ini, itulah yang akan kita bahas sebagai topik utama.

Sifat- sifat Bentuk Jajar Genjang

Sifat- sifat Bentuk Jajar Genjang

Seperti yang diketahui, jajar genjang adalah salah satu jenis bangun datar dimana bangun tersebut memiliki 4 sisi atau bagian dan masing-masing sisi yang saling berhadapan memiliki panjang yang sama dan sejajar. Selain itu, jajar genjang juga memiliki sudut yang saling berhadapan sama besar.

Ada tiga jenis jajar genjang yang utama yaitu jajar genjang yang memiliki sisi saling berhadapan sama panjang dan sejajar, kedua adalah jajar genjang yang memiliki sudut berdekatan dengan jumlah sudutnya 1800. Dan yang terakhir adalah jajar genjang yang memiliki diagonal saling berpotongan di bagian tengah. Dari beberapa jenis jajar genjang pun pastinya terbentuk rumus-rumusnya, terutama rumus luas jajar genjang.

Jajar genjang ini juga memiliki beberapa sifat yang bisa menunjukkan seperti apa sebenarnya jajar genjang tersebut. Sebenarnya semuanya sudah dijabarkan, namun kesemuanya dirangkum dalam sifat-sifat si bangun tersebut dan nantinya akan berhubungan dengan rumus luas jajar genjang tadi . Sifat-sifatnya antara lain sebagai berikut:

  • ┬áMemiliki 2 sisi sama panjang
  • Tinggi jajar genjang dapat dilihat atau didapat dari garis yang berhubungan pada salah satu titik sudut jajar genjang tersebut.
  • Memiliki 2 pasang sudut masing-masing sama besar dari 4 sudut yang ada (yaitu sudut lancip dan sudut tumpul)
  • Jika salah satu sudut tumpul dan sudut lancip bergabung atau dijumlahkan hasilnya adalah 180 derajat.
  • Memiliki 2 diagonal ditengah yang tidak sama panjang

Rumus Jajar Genjang

Rumus Jajar Genjang

Sebuah bangun datar pun memiliki ukuran luas dan kelilingnya, dan itu semua bisa ditemukan dengan menggunakan beberapa rumus tertentu. Contohnya, rumus luas jajar genjang.

Rumus untuk jajar genjang yang paling banyak diketahui dan paling mudah diingat adalah rumus luas jajar genjang. Tapi selain luas, sebenarnya juga ada rumus keliling untuk bangun datar jajar genjang ini.

Rumus luas jajar genjang:

L = alas x tinggi

Jajar genjang ini jika dibagi menjadi bangun datar lainnya akan terbentuk tiga bangun datar lainnya. Karena bentuknya yang memiliki 4 sisi dan dua sudut lancip, maka bangun datar yang dapat dibentuk adalah persegi atau segi empat dan dua jenis segitiga siku-siku.

Berdasarkan dari sifat dasar segitiga, yaitu segitiga memiliki alas dan tinggi yang terdapat dalam rumus-rumus segitiga, maka jajar genjang pun juga memiliki alas dan tinggi dalam rumus luas jajar genjang ini. Karena di dalam bagian jajar genjang terdapat dua segitiga jenis segitiga siku-siku.

Untuk rumus keliling pada jajar genjang ini, memiliki rumus seperti dua kali jumlah sisi alas dan sisi miring jajar genjang.

Rumus keliling jajar genjang :

K=2 x (a+b)

Untuk menyelesaikan persoalan-soalan hitungan yang berhubungan dengan kedua rumus tersebut, haruslah memasukkan terlebih dulu angka yang sudah diketahui ke dalam rumus barulah memainkan rumus tersebut.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *