Rumus Periode

Sebelum kita membahas rumus periode ada baiknya kalau kita mempelajari apa itu periode. Periode dalam bahasa Indonesia adalah masa atau kurun waktu yang berlaku. Namun, ada juga kata periode yang berhubungan dengan istilah materi fisika ataupun matematika.

Rumus Periode

rumus periode
rumus periode

Rumus periode sangat penting terutama untuk bidang fisika, ada salah satu aspek yang memiliki periode karena berhubungan dengan masalah waktu. Dalam fisika, terdapat rumus periode yang sudah diketahui, periode tersebut dapat berlaku pada getaran ataupun gelombang dan frekuensi.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa periode merupakan jangka waktu yang diperlukan untuk melakukan sesuatu dan menempuh satu putaran.

Periode Dalam Getaran dan Gelombang

Periode Dalam Getaran dan Gelombang
Periode Dalam Getaran dan Gelombang

Dalam istilah fisika terdapat periode, karena salah satu materi dalam fisika adalah getaran. Dimana dalam sebuah getaran tersebut ada waktu yang berlaku yaitu periode tadi. Periode yang memiliki simbol T merupakan waktu yang diperlukan untuk satu getaran yang terjadi.

Bahkan, periode dalam getaran dan gelombang juga berhubungan dengan frekuensi karena rumus periode dan frekuensi saling berkebalikan. Pada gerak melingkar memang sering ditemukan istilah frekuensi dan periode.

Sebuah benda yang melakukan getaran tersebut adalah jika benda tersebut bergerak dari satu titik menuju titik lainnya hingga kembali ke titik awal. Satuan periode menurut satuan internasional (SI). Dan getaran merupakan proyeksi dari gerak melingkar beraturan.

Sedangkan, banyaknya getaran yang dilakukan dalam satu sekon itulah yang disebut frekuensi. Maka dapat ditulis hubungan antara periode, getaran dan frekuensi adalah T = t / n dan f = n / t dimana T melambangkan periode, f melambangkan frekuensi, t melambangkan waktu dan n melambangkan banyaknya getaran. Waktu yang diperlukan untuk hitungan menempuh satu kali getaran adalah yang dikatakan periode getar.

Selain itu, ada juga periode gelombang yaitu waktu yang digunakan untuk menghasilkan satu gelombang. Dimana gelombang tersebut adalah getaran yang merambat. Untuk itu, antara frekuensi, periode, getaran dan gelombang semuanya saling berkaitan dan berhubungan begitupun untuk penerapannya pada rumus periode.

Periode Dalam Kehidupan Sehari-hari

Periode Dalam Kehidupan Sehari-hari
Periode Dalam Kehidupan Sehari-hari

Yang bisa dikatakan menggambarkan sebuah getaran adalah seperti gerakan benda yang bolak-balik secara periodik melalui titik keseimbangan.

Karena getaran memang merupakan gerakan bolak-balik dalam kurun waktu tertentu. Ada beberapa kasus yang bisa dijadikan contoh masalah untuk menerapkan rumus periode ini.

Beberapa kasus merupakan kejadian periode dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya adalah pada sebuah jam dinding. Bandul pada jam dinding melakukan sebuah gerakan bolak-balik, hal tersebutlah yang disebut getaran atau dengan kata lain bisa disebut gerak periodik.

Contoh kasus lainnya terlihat pada mainan ayunan anak-anak, dimana ayunan tersebut akan bergerak bolak-balik ke depan dan ke belakang melakukan sebuah getaran sampai saatnya berhenti.

Dalam hal ini, dua kasus tadi adalah dua kasus yang paling umum dan paling sering terjadi dan ditemui pada kehidupan sehari-hari. Periode sangat besar kaitannya dengan semua ini.

Sedangkan, beberapa contoh getaran lainnya yang dapat dijumpai dalam kehidupan sehari-hari seperti senar gitar dipetik, pegas dengan bebannya, dan penggaris plastic yang dijepit ujungnya. Dari pengertian getaran, didapat beberapa jenis getaran yaitu getaran bebas dan getaran paksa.

Dari semua penjelasan dapat ditarik kesimpulan bahwa periode adalah waktu yang dibutuhkan dalam melakukan satu getaran, dan getaran merupakan gerak bolak-balik.

Dan frekuensi getaran itu adalah banyaknya getaran yang terjadi dalam satu detik. Oleh karena itu, periode dan frekuensi memang sangat saling berhubungan dan bisa dihubungkan antara satu dengan yang lain.

Referensi :

  1. Wikipedia

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *