Pengertian SPSS dan Kegunaan Program Aplikasinya

SPSS adalah sebuah program aplikasi yang termasuk jenis program komputer yang dipergunakan dalam pembuatan analisis statistika. Sedangkan SPSS Inc adalah yang mempublikasikan SPSS.

SPSS adalah singkatan dari Statistical Package for the Social Sciences atau Paket Statistik untuk Ilmu Sosial. Untuk yang versi pertama dirilis sejak tahun 1968, dan penciptanya yaitu bernama Norman Nie. Dia merupakan seorang lulusan dari Fakultas Ilmu Politik dari Stanford University.

Dan saat ini dirinya menjadi Profesor Peneliti Fakultas Ilmu Politik di Stanford dan Profesor Emeritus Ilmu Politik yang ada di University of Chicago.

SPSS juga merupakan salah satu program yang sudah banyak sekali dipakai untuk analisis statistika ilmu sosial. Perlu anda ketahui, jika banyak para peneliti kesehatan, perusahaan survei, peneliti pasar, pemerintah, peneliti pendidikan, organisasi pemasaran, juga menggunakan program SPSS ini.

Kemudian manajemen data dan juga dokumentasi data (kamus metadata ikut dimasukkan bersama data) itu juga termasuk salah satu fitur yang juga bermula dari software dasar SPSS.

Program software ini sudah populer akan keampuhannya dalam membantu para peneliti dalam melakukan uji dan analisa statistik. Sebab manfaatnya yang bisa dikenal cukup canggih ini, maka program ini bisa dijadikan sebagai program favorit yang ada di lingkungan peneliti.

Pengertian Program Aplikasi SPSS

spss adalah

SPSS itu termasuk salah satu program aplikasi yang memiliki kemampuan didalam menganalisis statistik yang memiliki keakuratan yang cukup tinggi.

Kemudian juga sistem manajemen data dalam lingkungan grafis yang memakai menu-menu deskriptif serta kotak dialog yang sederhana. Selain itu, pengoperasiannya mudah dilakukan. SPSS juga kerap dimanfaatkan dalam berbagai riset pemasaran, pengendalian serta perbaikan mutu.

Selain itu SPSS bisa untuk membaca beraneka macam jenis data maupun memasukkan data secara langsung pada SPSS data editor. Hasil-hasil analisis nantinya akan muncul dalam SPSS Output Navigator. Data editor merupakan jendela di dalam pengolahan data.

Penggunaan SPSS Adalah

SPSS dimanfaatkan oleh berbagai universitas, institusi, serta berbagai macam perusahaan di dalam melakukan analisis data. Berikut adalah contoh penggunaan SPSS,

• Melakukan riset pemasaran (market research).
• Analisis data survey atau kuesioner.
• Populer dipakai dalam penelitian akademik mahasiswa.
• Populer digunakan oleh keperluan pemerintahan seperti lembaga BPS.
• Data Mining.
• Membantu untuk pengambilan keputusan dalam suatu perusahaan.
• Penelitian kesehatan masyarakat.
• Mendokumentasikan data.
• Representasi data statistik.

Program SPSS juga kerap dipakai dalam memecahkan problem riset maupun bisnis untukhal statistik. Cara kerjanya juga dinilai sederhana, yakni data yang anda input oleh SPSS akan dianalisa oleh suatu paket analisa.

SPSS juga termasuk suatu bagian integral mengenai proses analisa. Selain itu juga untuk menyediakan akses data, persiapan serta manajemen data, analisa data dan pelaporan. Selain itu juga termasuk perangkat lunak yang paling banyak dipergunakan sebab tampilannya yang user friendly.

Bahkan SPSS merupakan suatu terobosan baru berhubungan dengan perkembangan teknologi informasi, terutama untuk E-Business.

OLAP (Online Analytical Processing) yang ada dalam program ini juga bisa berperan dalam memudahkan dalam pemecahan pengolahan data serta akses data dari beraneka perangkat lunak yang lain. Anatara lain seperti microsoft office excel maupun notepad, dan kemudian akan dianalisa.

Pengembangan SPSS

SPSS yang merupakan perangkat lunak ini dikembangkan dengan bahasa pemrograman Java. SPSS juga telah tersedia untuk platform sistem operasi Microsoft Windows, Linux serta Mac OS.

Program ini juga bisa diintegrasikan dengan menggunakan bahasa pemrograman R, Microsoft.NET serta Python guna penggunaan yang lebih lanjut. ( spss adalah )

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *