(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({ google_ad_client: "ca-pub-7230939510079058", enable_page_level_ads: true });

Penjelasan Lengkap Tinggi Net Bulu Tangkis dan Ukurannya

Tinggi Net Bulu Tangkis – Saat ini permainan bulu tangkis menjadi salah satu jenis permainan andalan Indonesia. Indonesia juga sangat antusias dan sering meraih juara di berbagai kompetisi. Baik tingkat nasional dan juga tingkat internasional.

Bulu tangkis sendiri saat ini sedang berkembang pesat dalam benak masyarakat Indonesia. Sebab olahraga bulu tangkis cukup pesat perkembangannya seperti olahraga sepak bola.

Tinggi Net Bulu Tangkis

tinggi net bulu tangkis

Di dalam permainan bulu tangkis, tentu kita akan mengetahui tinggi net bulu tangkis. Penjelasan lengkapnya akan kita sampaikan di bawah ini.

Umumnya tinggi net bulu tangkis yaitu sekitar satu setengah meter. Ini berlaku untuk semua atlet, baik putra maupun putri. Sedangkan untuk tinggi net bulu tangkis yang berada di bagian tengah, memiliki ukuran sekitar 152 hingga 155 cm.

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis

Biasanya untuk ukuran panjang lapangan dalam olahraga bulu tangkis ini yaitu sekitar 13,40 meter. Panjang lapangan bulu tangkis ini berlaku bagi semua sub dari olahraga bulu tangkis. Seperti pemain tunggal putra putri dan juga pemain ganda putra putri.

Pada umumnya, lapangan olahraga bulu tangkis ini memiliki lebar sekitar 5,18 meter bagi para pemain putra. Dan 6,10 meter bagi para pemain putri. Ini juga berlaku di semua sub dari olahraga ini.

Selain itu, terdapat pula ketentuan bahwa garis yang berada di lapangan bulu tangkis sebaiknya diusahakan memiliki warna yang jelas dan mudah untuk dilihat. Seperti warna kuning, putih dan lain sebagainya.

Ukuran Raket Bulu Tangkis

Alat yang digunakan untuk memukul kok (suttlecock) dalam permainan bulu tangkis ini disebut dengan raket. Raket memiliki berat kurang dari 150 gram. Bahan yang dipakai untuk membuat raket yaitu:

a. kayu,
b. aluminium,
c. kayu dan aluminium,
d. fierglas, dan
e. arang (carbonex).

Untuk mengetahui sebenarnya berapa ukuran dari raket bulutangkis tersebut, maka di sini kami sampaikan penjelasannya. Raket bulutangkis memiliki berat kurang lebih antara 150 gram. Hingga berat yang bisa disesuaikan dengan keinginan para pemain.

Sedangkan untuk panjang raket pemain dalam olahraga bulu tangkis, yaitu sekitar atau antara 66 hingga 68 cm. Raket untuk para pemain olahraga bulu tangkis juga memiliki lebar antara 19 sampai 22 cm.

Sedangkan diketahui untuk panjang area senar dalam raket bulu tangkis ini berada dalam kisaran antara 24 hingga 28 cm.

Ukuran Net Bulu Tangkis

Net atau jaring untuk permainan bulu tangkis ini dibuat dari tali yang halus berwarna hijau tua.

Ukuran net sebagai berikut.

  1. Panjang net : 610 cm.
  2. Lebar net: 76 cm.
  3. Pita putih di sisi atas net berukuran 3,8 cm.

Sedangkan untuk tiangnya, tiang net dalam pembuatannya menggunakan bahan yang cukup kuat, seperti besi. Selain itu, bentuk tiang net bulat dengan diameter 3,8 cm.

Lokasi pemasangan tiang net dipasang di luar garis samping. Dan untuk net, dipasang di bagian tengah lapangan dengan ketinggian 1,524 meter.

Ukuran Kok Shuttlecock Bulu Tangkis

Kok atau yang disebut juga dengan shuttlecock, terdiri atas kepala dan bulu kepala. Bahan yang digunakan untuk membuat kok (shuttlecock), berupa gabus yang berbentuk setengah bulatan kemudian dilapisi dengan kulit.

Pada gabus yang ada dalam shuttlecock tersebut ditancapkan bulu unggas berjumlah 14 sampai 16 helai. Garis tengah gabus, yaitu 25–28 mm garis tengah diujung atas adalah 54–56 mm. Bulu-bulu itu diikat dengan benang.

Dari permukaan gabus sampai permukaan atas memiliki ketinggian, yaitu 64–74 mm. Kok yang standart beratnya antara 4,73–5,50 gram. Hal ini dilakukan agar dapat mengimbangi tinggi net bulu tangkis yang ada di lapangan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *