4 Titik Refleksi Sakit Gigi Geraham Bawah | Atas | Berlubang

Titik Refleksi Sakit Gigi – Sakit gigi merupakan penyakit yang banyak dialami oleh berbagai kalangan, baik itu anak-anak, remaja, maupun orang dewasa. Sakit gigi akan sangat menyiksa penderitanya dengan rasa nyeri dan ngilu pada gigi, gusi, dan geraham. Rasa sakit ini terkadang muncul dan terkadang menghilang.

Namun apabila penyakit telah akut, rasa sakit muncul selama beberapa waktu, sehingga terasa menyiksa penderitanya. Karena sakit gigi, aktivitas seseorang dapat terganggu oleh rasa sakit yang muncul tiba-tiba, sehingga tidak bisa melakukan aktivitas seperti biasanya.

Sakit gigi dapat disebabkan oleh terjadinya peradangan pulpa gigi, dimana pulpa ini terdiri pembuluh darah dan jaringan saraf yang halus serta sensitif.

Peradangan gigi ini dapat disebabkan oleh berbagai hal seperti pembusukan gigi, infeksi oleh bakteri, tambalan gigi berlubang yang rusak, kerusakan gigi atau patahnya gigi, serta penyusutan gusi.

Untuk menghilangkan rasa nyeri pada gigi dapat dilakukan dengan pemijatan atau refleksi. Pemijatan ini akan bermanfaat untuk merelaksasi saraf yang terdapat pada pulpa gigi yang menjadi sumber rasa sakit. Dengan melakukan pemijatan atau refleksi ini, maka rasa nyeri akan berkurang dan membantu proses penyembuhan.

Akan tetapi, dalam melakukan refleksi harus dengan petunjuk yang sesuai, karena apabila saraf yang dipijat tidak sesuai, maka rasa sakit tidak akan hilang, bahkan bisa menyebabkan munculnya gangguan kesehatan lain.

1. Kumpulan Titik Refleksi Sakit Gigi

titik refleksi sakit gigi

  • Ibu jari kaki.

Refleksi pada ibu jari kaki dapat membantu meredakan rasa nyeri akibat sakit gigi. Apabila yang sakit adalah gigi bagian kiri, maka yang dipijat adalah ibu jari kaki kanan, dan begitu pula sebaliknya. Ulangi pijatan hingga rasa nyeri terasa berkurang.

  • Bagian Tangan

Refleksi untuk menghilangkan rasa nyeri pada saat sakit gigi juga dapat dilakukan di tangan, khususnya pada daerah antara ibu jari dan jari telunjuk. Untuk menghilangkan rasa nyeri, pijat bagian tersebut secara perlahan hingga rasa nyeri berkurang.

  • Area kepala.

Titik refleksi pada area kepala adalah pada daerah belakang telinga. Urut pada area tersebut agar aliran darah bisa lebih lancar dan sakit gigi akan berkurang.

2. Titik Refleksi Sakit Gigi Geraham Atas

titik refleksi sakit gigi

Rasa nyeri dan ngilu akibat sakit gigi juga dapat dirasakan sampai di geraham bagian atas. Rasa sakit ini dapat diredakan atau dihilangkan dengan melakukan refleksi pada bagian pipi bagian belakang depan daun telinga.

Dengan melakukan pemijatan secara perlahan, maka rasa nyeri pada geraham bagian atas akan mereda sampai hilang.

3. Titik Refleksi sakit Gigi Geraham Bawah

titik refleksi sakit gigi

Rasa sakit yang dirasakan pada bagian geraham bawah akibat sakit gigi dapat dikurangi dengan melakukan pemijatan atau refleksi pada daerah pipi bagian bawah, atau pada bagian rahang bawah.

Dengan melakukan pemijatan secara perlahan, maka rasa nyeri perlahan akan reda dan menghilang.

4. Titik Refleksi Sakit Gigi Berlubang

Sakit gigi juga dapat disebabkan oleh adanya gigi yang berlubang. Berlubangnya gigi ini diakibatkan oleh adanya pembusukan gigi, sehingga gigi rusak dan menimbulkan lubang yang semakin lama akan semakin besar.

Tidak jarang gigi yang belubang ini akan mudah mengeluarkan darah karena pulpa yang mengandung banyak pembuluh darah tidak tertutup oleh gigi. Refleksi untuk sakit gigi yang diakibatkan oleh gigi berlubang dapat dilakukan pada daun telinga bagian atas. Refleksi juga dapat dilakukan pada bagian bawah dagu.

Demikian beberapa titik refleksi sakit gigi untuk menghilangkan rasa nyeri akibat sakit gigi. Semoga bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *