Ukuran Lapangan Futsal Mini Sesuai Standar Internasional

Ukuran Lapangan Futsal Mini –¬†Futsal adalah salah satu jenis olahraga yang banyak digandrungi. Tak hanya membuat badan terasa lebih bugar, olahraga ini juga sangat seru saat dimainkan. Hanya saja, pastikan komponen yang dibutuhkan dalam futsal lengkap.

Selain pemain dan bola, futsal mini ini juga membutuhkan lapangan. Lapangan yang digunakan pun tak sembarangan. Ukuran lapangan futsal mini haruslah sesuai dengan standar yang ditetapkan olahraga ini.

Ukuran Lapangan Futsal Mini

ukuran lapangan futsal mini

Futsal mini dimainkan di dalam ruangan (indoor). Dalam permainan olahraga futsal, setiap tim terdiri dari 5 pemain. Diantara 5 pemain tersebut, salah satu pemain berperan sebagai kiper (penjaga gawang).

Suatu pertandingan futsal tak boleh dimulai jika jumlah pemain dalam satu tim kurang dari 3 pemain. Selain itu, adanya lapangan juga memiliki peranan penting yang tak boleh diabaikan.

Adapun ukuran lapangan futsal mini meliputi panjang 25 meter atau 42 meter dan lebar 15 meter atau 22 meter. Lain halnya untuk ukuran lapangan futsal standar yang digunakan untuk futsal internasional ialah panjang lapangan futsal 38 meter atau 42 meter dan lebar lapangan futsal 18 meter atau 25 meter.

Lapangan futsal ditandai dengan garis pembatas. Garis samping (touch line), dimana garis yang memiliki ukuran lebih panjang. Sementara garis yang lebih pendek ialah garis gawang (goal line).

Perlu diketahui, di dalam lapangan futsal mini terdapat garis pembatas dengan lebar 8 cm. Lapangan dibagi menjadi dua bagian yang sama luas serta diberi garis. Garis inilah yang dinamakan garis tengah. Titik tengah ditandai dengan titik tepat di tengah lapangan.

Kemudian garis melingkar dibuat dengan titik pusat di titik tengah tersebut dengan jari-jari lingkaran berukuran 3 meter. Lain halnya untuk daerah penalti. Daerah penalti itu sendiri ialah daerah di depan gawang yang ditandai dengan garis setengah lingkaran.

Ukuran Gawang Futsal Mini

Ukuran gawang futsal pastinya jauh berbeda dengan ukuran gawang sepak bola. Hal ini dipengaruhi dengan ukuran lapangannya. Seperti gawang sepak bola, gawang pada olahraga futsal berbentuk tiang persegi panjang, namun ukuran gawang futsal lebih mini.

Selain itu, gawang dilengkapi juga dengan jaring guna menahan bola. Ada beberapa peraturan khusus tentang gawang futsal yang meliputi bentuk, posisi, ukuran, dan lain sebagainya.

Dengan posisi vertikal (tiang gawang), gawang futsal terdiri dari 2 tiang sejajar yang berjarak sama dari sudut-sudutnya serta dihubungkan oleh tiang horizontal di bagian atas (tiang palang). Gawang ditempatkan di bagian tengah pada setiap garis gawang.

Jaring bisa dibuat dari nilon serta melekat pada bagian belakang dari tiang gawang dan tiang palang. Ketika pertandingan berlangsung, gawang futsal harus tetap kuat di permukaan lapangan meski dapat dipindah posisi. Penampang harus berbentuk persegi, lingkaran, elips, atau persegi panjang.

Penampang berbentuk lingkaran sangat disarankan sebab lebih aman jika terjadi benturan. Pantulan bola dengan tiang berpenampang lingkaran memberikan arah yang akurat.

Ukuran gawang futsal standar internasional memang dipengaruhi oleh ukuran lapangan futsal mini. Ukuran jarak antara kedua tiang gawang ialah 3 meter dengan diukur dari bagian dalam tiang.

Sementara untuk ukuran jarak dari tiang palang ke lantai sebesar 2 m di ukur dari tiang horizontal bagian dalam hingga ke permukaan lantai.

Ukuran untuk kedua tiang gawang dan tiang palang yakni mempunyai ketebalan atau diameter 8 cm. Lain halnya untuk ukuran ke dalaman gawang ialah 100 cm pada bagian bawah serta 80 cm pada bagian atas.

Itulah penjelasan seputar ukuran lapangan futsal mini yang bisa menambah wawasan kita semua, semoga bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *