Penjelasan Waktu Permainan Bola Basket Beserta Peraturannya

Waktu Permainan Bola Basket – Permainan bola basket termasuk jenis cabang olahraga yang dibatasi oleh waktu. Tak hanya sejarah dan teknik dasar permainan bola basket saja, anda juga harus mengerti lama permainan.

Dengan mengetahui waktu permainan bola basket, anda tidak akan teledor ataupun membuang waktu secara percuma.

Anda sebagai pemain bola basket diharapkan bisa memanfaatkan waktu permainan sebaik mungkin. Dengan begitu, peluang tim anda untuk memenangkan pertandingan bola basket akan semakin besar.

Waktu Permainan Bola Basket

waktu permainan bola basket

Perlu dipahami, waktu permainan bola basket yang anda baca selama ini mungkin saja berbeda-beda. Wajar saja karena memang terdapat perbedaan durasi permainan bola basket yang didasarkan pada Versi National Basketball Association dan juga standar Federasi Bola Basket Internasional.

Akan tetapi untuk permainan bola basket pada event internasional, lama pertandingan bola basket yang digunakan ialah standar Federasi Bola Basket Internasional.

Waktu atau lama olahraga bola basket ialah 4 x 10 menit. Hal ini apabila berpedoman pada aturan Federasi Bola Basket Internasional. Sementara untuk versi National Basketball Association, waktu olahraga bola basket ialah 4 x 12 menit.

Diantara babak 1, 2, 3, dan 4 ada waktu istirahat selama 10 menit. Maka dari itu, pertandingan bola basket rata-rata bisa berjalan selama 80 menit sampai 90 menit. Hal ini tergantung pada kondisi dari pertandingan bola basket itu sendiri.

Jika di akhir permainan terjadi poin yang sama, maka harus ada perpanjangan waktu hingga terjadi selisih poin. Diantara dua babak tambahan ada waktu istirahat selama 2 menit. Waktu guna lemparan bola basker ke dalam selama 5 detik.

Peraturan Bola Basket

rangkuman bola basket

Ada berbagai peraturan yang harus anda taati saat bermain bola basket, salah satunya peraturan tentang jumlah pemain. Sebanyak 5 orang bermain dari satu tim dalam pertandingan bola basket.

Untuk cadangan, pelatih diperbolehkan menyediakan 5 orang dengan skenario terparah terdapat 5 atlet utama yang harus digantikan. Selain pemain yang ada di dalam tim, anda pasti akan menemukan adanya wasit tentunya.

Wasit pada pertandingan bola basket ada 2 orang. Wasit pertama mempunyai nama panggilan Referee, sementara untuk wasit kedua disebut dengan Umpire.

Selain itu, ada juga peraturan tentang pelanggaran back ball atau back court. Peraturan ini menjelaskan mengenai suatu keadaan pelanggaran yang diperlihatkan kepada pemain yang membawa bola basket yang dikendalikannya ke area pertahanan, lewat garis tengah.

Kondisi ini menunjukkan bahwa pemain sudah melanggar peraturan. Perlu diketahui, membawa bola ke area pertahanan tak boleh lewat garis tengah. Maka dari itu, hindari pelanggaran ini di kemudian hari.

Apabila anda lebih berhati-hati dalam pembawaan bola, maka pastinya ada lebih banyak peluang yang bisa anda manfaatkan untuk menghasilkan skor tim anda.

Ada juga peraturan tentang pelanggaran traveling atau walking. Jenis pelanggaran yang satu ini terjadi karena pemain membawa bola basket tanpa melakukan driblle pada jarak perpindahan dua langkah lebih.

Secara tidak langsung sama saja pemain tengah membawa bola tanpa ikuti aturan khas dari bola basket, yakni dribble. Hal ini tak dibolehkan diberikan keringanan sebab apalah bedanya bola basket dengan jenis olahraga lain apabila dribble tidak dilakukan.

Anda diperbolehkan membawa bola namun berjarak maksimal dua langkah saja. Hal inilah yang membuat gerakan lay up hanya ada dua angka yang diperbolehkan untuk diambil sebelum melakukan shot bola ke ring tim lawan.

Selain waktu permainan bola basket, anda memang harus mengetahui peraturannya supaya tidak salah langkah.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *